• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemprov NTT Dukung Penuh Kegiatan Festival Kelimutu Di Kabupaten Ende

14 August
17:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ende : Pemerintahan Provinsi NTT akan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan Festival Danau Kelimutu yang selama ini sudah dilaksanakan secara rutin oleh Pemerintah daerah Kabupaten Ende.

Dukungan yang diberikan selain dari sisi anggaran namun akan membantu mempromosikan serta mengundang Presiden Jokowidodo untuk hadir menyaksikan Festival Danau Kelimutu di Kabupaten Ende.

Kedepan Pemerintah Provinsi NTT juga berkomitmen melaksanakan kegiatan Festival kelimutu secara besar-besaran selama sepekan dengan melibatkan semua komponen masyarakat agar terlibat penuh dalam kegiatan Festival Danau Kelimutu yang diawali dengan berbagai kegiatan yakni rakor dengan seluruh mosalaki, taga kamba dan pati ka du’a bapu ata mata di puncak Danau Kelimutu.

Hal itu disampaikan Gubernur NTT , Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya seusai mengikuti ritual pati ka du’a bapu ata mata di danau Kelimutu Ende Rabu (14/08/2019).

Ia menjelaskan pemerintah Provinsi NTT memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Ende atas terselenggaranya festival danau Kelimutu ini namun beberapa hal harus dibenahi agar terlihat alami dan bersih karna saat ini obyek wisata danau kelimutu masih terkesan kotor.

Menurut Viktor Bungtilu Laiskodat taman nasional Komodo di Mabar , Wae rebo di Manggarai dan danau Kelimutu merupakan satu paket wisata yang terus dipromosikan kepada dunia luar oleh pemerintah daerah provinsi NTT.

"Kedepananya kegiatan festival ini akan melibatkan semua komponen masyarakat karna pemprov akan mengundang secara langsung presiden Jokowidodo untuk menyaksikan secara langsung kegitana festival yang sarat makna budaya ini," ujarnya.

Viktor Bungtilu Laiskodat menambahkan kedepan pihaknya mengharapkan agar kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat tidak boleh melewati areal danau kelimutu karna hanya akan membolehkan mobil dan motor listrik sehingga keaslian dan kebersihan tetap terjaga secara baik.

Sementara itu Wakil Bupati Ende , Drs.Haji Djafar H.Achmad,MM pada kesempatan itu mengatakan untuk mendukung obyek wisata danau kelimutu , pemerintah akan mengembangkan konsep agrowosata di desa Waturaka dan desa woloara barat untuk dijadikan desa wisata berkuda serta danau tiwu sora untuk obyek wisata sepeda air.

Wabub Djafar Achmad menambahkan festival kelimutu sudah dilaksanakan oleh pemerintah daerah ke-10 tahun ini dan kedepan akan terus dilaksanakan apalagi pemerintah provinsi NTT sudah mendukung penuh kegiatan festival danau kelimutu ini.

Hadir pada kesempatan itu mosalaki yang berasal dari semua desa penyangga danau kelimutu , ana kali fai walu , pimpinan OPD tingkat provinsi dan kabupaten  , pimpinan instansi vertikal , Pimpinan BUMN/BUMD serta undangan lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00