• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Berdayakan UKM, Dinas Koperasi Latih Pengolahan Daun Kelor dan Penyediaan Pakan Ternak

14 August
13:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Belu : Sejumlah Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) mengikuti bimbingan pengolahan daun kelor dan pelatihan penyediaan pakan ternak. Kegiatan Diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu. Bertempat Aula Liurai Atambua. Rabu, (14/8/2019).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan menengah Kabupaten Belu, Hasan Mukin mengatakan, dua kegiatan yang dilaksanakan tidak saja menyangkut pemberian teori namun lebih pada mempraktekan, dengan bimbingan pelatih dari Dinas  Pertanian dan Peternakan. 

Program ini, seirama yang digaungkan oleh Gubernur NTT, agar masyarakat NTT membudidayakan tanaman kelor, sebagai salah satu upaya peningkatan ekonomi keluarga.

Untuk itu, Pemda Belu mempersiapkan UKM dengan diberikan pelatihan khusus pengolahan daun kelor.

"UKM yang dilatih nantinya menjadi motor penggerak di masyarakat, untuk mendorong pengolahan daun kelor dengan menghasilkan produk yang bernilai ekonomi", jelas Hasan Mukin.

Sementara, pelatihan penyediaan pakan ternak, menurut Kepala Dinas Koperasi, merupakan program yang dilaksanakan atas dasar keberadaan masyarakat yang setiap menghadapi musim kemarau sering mengalami kesulitan memperoleh pakan ternak. Kondisi akibat kekurangan pakan cukup mempengaruhi penurunan berat badan ternak.

"jadi, keberadaan program ini, untuk mengantisipasi kondisi-kondisi yang terjadi  pada saat musim kemarau, ungkapnya.

Dari dua kegiatan tersebut, nantinya memberikan nilai positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat, harap Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Belu. Hasan Mukin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00