• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Terkait Wacana ASN Kerja dari Rumah, Wali Kota Depok: Tunggu Saja Hasilnya

13 August
22:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok: Wacana Kementerian Pemberdayaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) untuk menerapkan kemungkingkinan aparatur sipil negara menjalankan tugas pelayanan masyarakatnya dari rumah. Wacana ini bukan tanpa alasan yakni dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0.

Sistem kinerja Pegawai Negeri Sipil, rencananya akan dibuat fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaannya atau bisa diselesaikan di rumah dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Wali Kota Depok Muhammad Idris mengakui sudah mendengar wacana tersebut. Menurut Idris, Kemenpan RB masih dalam tahap menerima pertimbangan terutama masukan dari berbagai pihak termasuk masyarakat.

"Baru wacana, kita tunggu saja," ujar Idris, kepada wartawan di Stadion Sepakbola Mahakam, Kota Depok, Selasa (13/08/2019).

Kata Idris sistem ini memerlukan sistem kontrol yang kuat. Dia mencontohkan seperti di Badan Pengkajian Dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) ada pegawai tertentu yang sudah menerapkan sistem ini dengan indikator standar capaian.

"Jadi sistem ini tolak ukurnya pada keberhasilan kinerja bukan sekedar absensi. Diluar negeri juga udah banyak yang pakai sistem ini," ujarnya.

Ketika ditanya apakah di Indonesia sudah layak untuk menerapkan sistem ini? Idris menegaskan dirinya masih menunggu hasil kajian dari pemerintah pusat.

"Ini sekarang sedang dikaji, dibahas, masukan juga termasuk psikologisnya," katanya.

Sebelumnya, Kemen PAN RB membuka wacana kedepan ASN bisa bekerja dari rumah dengan bantuan teknologi digital.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, proses seleksi PNS sejak 2014 telah banyak mengandalkan sistem komputer. Oleh karena itu, ia berharap separuh pegawai negeri pada 2024 sudah menguasai teknologi informatika atau IT.

"Ciri-ciri ASN 4.0 itu lebih jeli, lebih akurat, lebih cepat nanti ada fleksibilitas dalam kerja," ujar Setiawan dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, Kamis (08/08/2019). ()

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Afrizal Aziz

    Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00