• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Debit Air Situ Ciburuy Menyusut, Nelayan tetap Menangkap Ikan

13 August
21:46 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Cimahi : Musim kemarau panjang yang melanda wilayah Bandung raya saat ini berdampak pada semua sendi kehidupan masyarakat, utamanya di bidang pertanian dan perikanan.

Salah satu dampak tersebut juga dialami oleh Situ Ciburuy yang berlokasi di Desa Ciburuy Kecamatan padalarang Kabupaten Bandung Barat, menyebabkan debit air danau menyusut hingga hampir dua meter.

Berdasarkan pantauan RRI di Situ Ciburuy, Selasa (13/8/2019), walaupun terjadi penyurutan air permukaan Situ Ciburuy, namun kegiatan para nelayan dalam menangkap ikan maupun kegiatan atlet dayung dari Kabupaten Bandung Barat tetap berjalan dengan normal.

“Biar air surut kami tetap turun mencari ikan. Alhamdulillah ada hasilnya walaupun tidak sebanyak pada musim kemarau,” ungkap 
Asep (46) warga Kampung Babakan Pasir Angin RT.02/RW.15 Desa Ciburuy, yang sehari-harinya bekerja sebagai pencari ikan. 

Menurut Asep, ikan hasil tangkapanya  itu biasa dijual keliling oleh isterinya kepada warga dengan harga Rp.15 ribu /kg untuk ukuran kecil, dan Rp.20 ribu  untuk ukuran besar. Kalau dijual ke bandar harganya lebih rendah lagi yakni hanya Rp.12 ribu/k

Setiap harinya ada sekitar 30 nelayan yang menggantungkan kehidupan mereka pada usaha menangkap ikan di Danau Ciburuy, namun dengan menyusutnya air danau jumlah ikan yang mereka tangkap menjadi sangat berkurang.

“Saya turun menjala ikan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sekarang paling banyak dapat 5 kg. Kalau sebelum kemarau setiap harinya bisa dapat diatas 8 kg, karena ikannya semakin berkurang,” ujarnya.

Selain nelayan, para atlet dayung dari Kabupaten Bandung Barat juga tetap memanfaatkan danau Ciburuy untuk tempat berlatih dayung, walaupun air danau menyusut banyak.

“Biasanya mereka berlatih dari siang hingga sore hari setelah pulang dari sekolahm merken,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00