• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Dansatgas Karhutla Sumsel Ancam Tembak Ditempat bagi Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

13 August
20:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang masih terus terjadi membuat Danrem 044 Gapo, Kolenel Arc Sonny Septiono yang juga komandan Satgas Karhutla geram.

Pasalnya hingga saat Karhutla masih terus terjadi di sejumlah lokasi di Sumsel dan dikhawatirkan berpotensi meluas, padahal sosialiasi dan pendekatan kepada masyarakat terutama di sejumlah wilayah rawan karhutla itu terus dilakukan.

“Keras saya menyampaikan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan. Kita sudah rugi waktu tenaga biaya gara-gara kebakaran hutan, energi kita terkuras habis, tidak produktif jadinya kita,” tegas Dansatgas saat memimpin rapat siaga Karhutla di Palembang, Senin (13/9/2019).

Menurutnya, tindakan tegas akan dilakukan kepada pembakar lahan dan hutan jika karthula terus terjadi.

“Bila ini terus berlanjut, perlu saya perintahkan tembak ditempat. Saya kasih penekanan bila perlu, tentu itu ada Standar Operasi Prosedurnya, karena kalau tidak seperti itu nanti terus akan berupaya membakar,” ujarnya.

Penegakan hukum juga diterapkan bagi pelaku pembakar hutan dan lahan. Kewenangan sanski hukum ada di pihak kepolisian. Oleh karena itu, Dansatgas berharap agar segera kasus pelaku Karhutla itu dapat terus diproses.

“Hari ini saja tertangkap satu pelaku pembakaran hutan di Kabupaten Muba, kewenangannya ada di Polda. Memang tidak mudah menetapkan pelaku karena ada prosesnya , ada bukti. Tapi saya berharap hukum ditegakkan,” jelasnya.

Dansatgas Karhutla Kolonel Sonny menilai Penyebab Karhutla paling banyak karena ulah manusia, baik itu disengaja maupun tidak. 

“Ada juga kemungkinan disengaja, ada oknum dibayar oleh pemilik lahan untuk membakar lahan, tapi unsur sengaja bisa juga semisal orang membuang rokok dan bisa terjadi kebakaran. Yang lucunya di sejumlah daerah kebakaran itu disebelahnya ada kebun sawit tidak terbakar tapi yang sebelahnya kebun sawit terbakar, lah itu kan sengaja,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00