• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Baznas Bukittinggi Serahkan Zakat pada Orang Tua Siswa Tidak Mampu

13 August
19:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, Selasa (13/8/2019), menyerahkan zakat kepada orang tua siswa kurang mampu SD-SMP se-Bukittinggi, di Aula Badan Keuangan Balaikota Lama. Zakat itu diberikan kepada 962 siswa dari 46 SD, 8 SMP, 2 MTsN dan 1 MIN se-Kota Bukittinggi.

Ketua Baznas Kota Bukittinggi Prof.H.A.Rahman Ritonga, mengatakan, total zakat yang diberikan sebanyak Rp302  juta untuk orang tua siswa kurang mampu. Untuk siswa SD menerima Rp 300 ribu dan siswa SMP menerima Rp 350 ribu. Tujuan penyerahan zakat ini untuk kelanjutan pendidikan siswa tersebut.

"Mengangkat derajat manusia bisa dilakukan dengan iman dan ilmu. Hari ini, kita menyerahkan dana zakat untuk pendidikan. Zakat bertujuan untuk membantu orang tua siswa kurang mampu. Melalui ilmu sekaligus dapat meningkatkan derajat manusia sekaligus diiringi peningkatan keimanan,” ulasnya.

Dalam hal ini sebut Rahman Ritonga, Baznas juga mengutamakan pendidikan baru kemudian ke ekonomi (modal usaha). Zakat diserahkan ke kepala sekolah atau guru mewakili orang tua siswa tersebut.

“Disamping itu Baznas Bukittinggi juga membantu masyarakat  di bidang ekonomi. memberikan kios-kios yang pernah jadi pasar penampungan kepada masyarakat. Nantinya, kios-kios itu bisa digunakan membuka kedai lontong, warung kopi dan sebagainya, serta Baznas juga sudah mengumpulkan para lurah terkait bantuan kios tersebut,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Melfi Abra mengungkapkan, zakat ini berdasarkan hasil seleksi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masing-masing. Zakat dibagi kepada siswa kurang mampu untuk menuntut ilmu serta masuk  kriteria Asnaf yang delapan.

"Zakat ini sangat berarti bagi yang menerimanya. Zakat juga sangat membantu untuk membeli kebutuhan sekolah dan sebagainya. Zakat ini juga bisa menjadi amal ibadah.Kita harapkan UPZ dapat mendistribusikan di lingkungannya. Disdikbud berharap anak-anak dapat memanfaatkan dana  zakat sesuai peruntukkan. Selain itu, niat para Muzakki juga bisa tersampaikan,” ungkapnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00