• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Minimalisir Tindak Kejahatan, Diskominfo Kota Bandung Hadirkan 500 CCTV

13 August
18:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Pemerintah Kota Bandung saat ini memiliki sekitar 500 Closed Circuit Television (CCTV). Seluruh CCTV tersebut telah terkoneksi ke Bandung Command Center (BCC).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung (Diskominfo), Anton Sunarwibowo mengungkapkan, Diskominfo sebegai penggagas Bandung Command Center (BCC) pun memiliki tugas untuk memonitor keadaan Kota Bandung dengan menggunakan Closed Circuit Television (CCTV). 

"Hampir 500 CCTV berada di Kota Bandung, 200 didalamnya dimiliki oleh Diskominfo. Semua terkoneksi dengan BCC," ujar Anton kepada wartawan pada Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (13/8/2019).

Anton mengakui, untuk menjangkau seluruh wilayah Kota Bandung memang bukan hal mudah. Oleh karenanya, ia berharap ada peran serta dari kewilayahan untuk memiliki CCTV.

Menurutnya, dengan hadir CCTV bisa memberi bantuan bagi wilayah khsusnya memonitor lingkungan sekitar. 

"Idealnya butuh jumlah cctv yang banyak dengan intensitas yang banyak juga. Harapan kita tiap persimpangan ada CCTV untuk memonitor kemacetan dan sebagainya," ucap Anton.

Saat ini Pemkot Bandung juga membantu kepolisian untuk mengetahui adanya tindak kejahatan. 

Sebelumnya, untuk penempatan lokasi pemasangan kamera tersebut, Diskominfo selalu berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung. Fokus utama pemasangan ‎dilakukan pada sejumlah titik yang dinilai menjadi daerah rawan terjadi kriminalitas.

Oleh karenanya, Wali Kota Bandung Oded M. Danial beberapa waktu lalu, memastikan Pemkot Bandung akan terus berusaha membantu kepolisian dalam menekan tindak kejahatan. Salah satunya dengan menambah CCTV di Kota Bandung.

“Kemarin saya sudah berbicara dengan Pak Kapolrestabes. Kita memang tengah menghadapi dinamika kerawanan keamanan. Kita akan terus meningkatkan kewaspadaan, salah satunya menambah jumlah CCTV seperti yang diinginkan polisi,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00