• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

OTT Puskesmas Labuhan Batu, Polda Sumut Amankan Rp 188 Juta Lebih

13 August
18:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Petugas Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Puskesmas Parlayuan, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhan Batu, Selasa (13/8/2019). Dalam OTT tersebut, petugas mengamankan 7 orang yang diduga merupakan pejabat puskesmas. OTT yang dilakukan tim Ditreskrimsus Polda Sumut sekira pukul 08.00 WIB. Ketujuh orang yang diamankan saat itu berada di dalam Puskesmas.

Wakil Direktur Krimsus Polda Sumut AKBP Bagus Suropratomo saat di konfirmasi RRI, membenarkan adanya OTT di Puskesmas Parlayuan. “Ada OTT. Penangkapan memang ada, tapi kan kita harus dalami dulu. Baru kita tetapkan nanti kalo ada tersangka,” ucap Bagus melalui telepon seluler. 

Dikatakan Bagus, OTT yang dilakukan pihaknya diduga terkait pemotongan dana pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). “Dugaan sementara ini terkait dengan dana JKN dan bantuan operasional kesehatan,” tegasnya.

Dikatakan Bagus, selain amankan 7 orang, pihaknya juga mengamankan barang bukti uang tunai senilai Rp 188.315.000,-. Saat ini ke tujuh orang tersebut sedang menjalani pemeriksaan di Polres Labuhan Batu. “Kita amankan barang bukti sebanyak Rp 188.315.000 rupiah. Diamankan ada tujuh orang, dan saat ini masih di amankan di Polres labuhan batu,” kata Bagus.

Namun pihaknya belum bisa membeberkan ke tujuh identitas orang yang diamankan, karena masih dalam pemeriksaan oleh tim penyidik. Sampai saat ini, pihaknya juga belum menetapkan tersangka kepada tujuh orang tersebut.

“Sementara masih didalami karena harus diperiksa. Penangkapan memang ada, tapi kan kita harus dalami dulu. Baru kita tetapkan nanti kalo ada tersangka,” jelas Bagus. 

Dari informasi yang beredar, enam dari tujuh orang yang diamankan merupakan pejabat Aparatur Sipul Negara (ASN), dan satu orang adalah Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Ketujuh orang yang diamankan antara lain berinisial MHJ (41) yang merupakan Kepala Puskesmas Parlayuan, HM (45) menjabat Bendahara BOK Puskesmas Parlayuan, SUB (33) Jabatan Bendahara JKN Puskesmas Parlayuan, SD (40) Jabatan Staf Puskesmas Parlayuan, NH (42) Jabatan Staf Puskesmas Parlayuan, NUR (33) Jabatan Staf Puskesmas Parlayuan dan AFN (26) yang merupakan satu – satunya Tenaga Kerja Sukarela Puskesmas Parlayuan. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00