• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ratusan Warga Padati Upacara Adat Keduk Beji Tawun 2019

13 August
16:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ngawi : Ratusan pengunjung memadati kawasan wisata Tawun, menyaksikan upacara adat Keduk Beji di Sendang Tawun Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, Selasa(13/8/2019). Keduk Beji dalam bahasa Indonesia memiliki arti menguras atau membersihkan kolam, yakni membersihkan kolam yang menjadi sumber air warga desa Tawun dan sekitarnya dari sampah dedaunan dan kotoran lain. Keduk Beji juga sebagai bentuk upacara bersih desa yang dilaksanakan setiap Seloso Kliwon Ringkel Uku dan Godong pada kalender Jawa.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan acara upacara adat Keduk Beji sebagai bentuk upaya syukur dan membersihkan mata air sumber khidupan bagi warga Desa Tawun. Disisi lain upacara adat Keduk Beji juga sebagai icon wisata Kabupaten Ngawi yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata.

“Para leluhur kita bersepakat untuk membentuk kemasyarakat karena ada sumber air yang luar biasa. Konon menurut legenda, sumber air ini tidak hanya dating begitu saja, tetapi memohon kepada Tuhan melalui tirakat khusus. agar saat itu kekeringan, tidak ada sumber air mendapatkan sumber air, sehingga ada sumber air ini dating dari Tuhan” kata Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Juru Kunci Tawun yang juga juru Silem Mbah Wo Pomo menceritakan sumber air sendang Tawun ada,  setelah melalui tirakat dari keturunan Ki Ageng Metawun dan Nyai Ageng Ketawang, Yakni Eyang Lodro Joyo.  Diceritakan zaman dahulu Eyang Lodro Joyo bertapa memohon kepada tuhan agar di Desa itu memiliki sumber air sehingga dapat membantu kehidupan warga setempat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00