• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Karhutla Semakin Meluas, Sumsel Tambah Dua Heli Waterbooming

13 August
13:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Sebanyak dua unit helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diterbangkan ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk membantu memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Leason Officer BNPB Kolonel Hari Wicaksono mengatakan dua helikopter itu akan digunakan untuk patroli udara dan waterbooming bencana Karhutla.

“Ada dua yang akan segera diterbangkan ke Sumsel, hari ini yang akan dikirim satu heli untuk patroli udara dan dua hari lagi yang satunya untuk waterbooming,” ungkapnya saat rapat siaga Karhutla di kantor BPBD Sumsel, Senin (13/8/2019).

Dengan penambahan dua unit heli itu, maka saat ini ada ada enam helikopter yang khusus digunakan untuk penanggulangan Karhutla.

“Setelah 2 ini jadi total ada 6 water heli untuk waterboobing, satu patroli dan satunya pesawat caravan patroli, jadi total nanti ada 8 pesawat,” katanya.

Menurutnya, BNPB sangat memberikan perhatian serius kepada Karhutla di Sumsel yang hingga saat ini di beberapa titik masih terjadi kebakaran. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah (Pemda) ungkapnya, harus segera menyurati BNPB terkait kebutuhan heli bila dirasakan memang masih kurang.

“Kita dari LO BNPB ini sebagai mediator dari daerah dan pusat seperti pengerahan pasukan dan peralatan. Jika dirasa masih butuh 8 pesawat itu, kami sarankan untuk membuat surat tambahan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga membutuhkan data yang valid tentang perkiraan luas area di sumsel yang nantinya data tersebut dapat diinformasikan ke Kementerian terkait.

“Data valid dari luas daerah seperti lahan gambut, lahan yang telah terbakar dan sebagainya itu kami harapkan kerjasamanya dengan pemerintah setempat untuk selalu diperbaharui,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah mengungkapkan hingga saat ini masih terpantau beberapa titik api yang tersebar di sejumlah wilayah.

Ada dua wilayah yang hingga saat ini api masih melahap lahan yaitu di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kecamatan Bayung lencir Kabupaten Musi Banyusin.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00