• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Unsoed Hanya Terima Mahasiswa Baru 5,42 Persen Dari Jumlah 92.386 Peminat

13 August
10:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Dalam sidang senat terbuka yang digelar di auditorium Graha Widyatama, Purwokerto, Selasa (13/8/2019), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) secara resmi melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019 / 2020.

Pada tahun ini, jumlah mahasiswa baru yang diterima berjumlah 5.007 orang yang terdiri dari jenjang diploma sebanyak 573 orang dari 17 ribu 2 ratus 13 peminat, kemudian jenjang sarjana ada 4.065 orang dari 74 ribu 223 peminat, dan jejang program magister sebanyak 332 orang dari 832 peminat serta program Doktor sebanyak 37 orang dari 113 peminat.

Sehingga total keseluruhan mahasiswa baru yang diterima oleh Unsoed hanya 5,42 persen dari jumlah 92.386 peminat.

Sementara itu, Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS mengatakan mahasiswa Unsoed angkatan 2019 mencerminkan keberagaman Indonesia, karena berasal dari Serambi Mekkah, Nanggroe Aceh Darussalam hingga Bumi Cenderawasih Papua.

“Tidak hanya itu, bahkan untuk jalur SBMPTN,  Unsoed merupakan PTN ke-4 se-Indonesia dengan keketatan tertinggi untuk rumpun ilmu sains dan teknologi, dan PTN ke-3 se-Indonesia  dengan keketatan tertinggi untuk rumpun ilmu sosial dan humaniora”, ungkapnya dihadapan mahasiswa baru itu.

Selain itu, Rektor meminta kepada para mahasiswa baru tersebut agar selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kemandirian serta kesejahteraan di pedesaan.

”Lebih khusus lagi, ketika saudara telah menjadi bagian dari Universitas Jenderal Soedirman, maka menjadi kewajiban moral saudara, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang beorientasi pada kemandirian serta kesejahteraan di perdesaan,  yang merupakan wajah terbesar  pada republik ini”, harap Profesor Dr. Suwarto, MS.

Untuk itu, Rektor Profesor Dr. Suwarto MS mengajak mahasiswa baru yang menjadi bagian dari membangun masyarakat, bangsa dan negara dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, senantiasa bersinergi, berpengetahuan dan berkontribusi.

"Dengan tiga semangat tersebut, diharapkan para mahasiswa bisa meningkatkan kualitas diri dimana mereka berada dan berkiprah", pesannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00