• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini Posisi ASN yang Dapat Bekerja Dari Rumah

13 August
10:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyatakan tidak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat bekerja di rumah.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menyebut hanya ada beberapa jabatan yang dapat mengerjakan pekerjaan di rumah, salah satunya analis kebijakan.

"Misalnya di ASN kita ada sekian 3 ribu jenis jabatan. Jadi seperti analis kebijakan, kemudian para peneliti, barang kali seperti itu merekayasa kan bisa dimana saja. Apalagi sebagai analis kebijakan atau analis lainnya. Ukuran keberhasilannya membuat sebuah kebijakan yang memang bisa dikerjakan dimana saja," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ASN yang dipilih bekerja di rumah diliat dari performance kerjanya. Penerapan tersebut, katanya, akan dilakukan secara bertahap.

"Jadi kita mulai dari high performance jadi artinya orang-orang yang sudah berkinerja barangkali ada sebuah pilihan, yaitu kita mulai dari sana," imbuhnya.

"Beberapa instrumen aturan ini mau tidak mau harus kita sesuaikan, kalau nanti kita berlakukan tentu saja secara bertahap, tidak mungkin seluruh karyawan bekerja dari rumah kan tidak mungkin," tambahnya.

Program ASN bekerja di rumah, jelasnya, mempunyai visi untuk menciptakan percepatan pelayanan kepada publik. Untuk itu program ASN bekerja dirumah sedang dalam proses pengkajian lebih dalam dengan beberapa lembaga agar dapat segera terealisasi.

"Visi kedepannya kita sebagai birokrat ini kan seharusnya terjadi percepatan pelayanan kepada publik dan terjadi efisiensi," imbuhnya.

"Ya kalau semuanya sudah siap, ya kita lakukan. Kita harapkan demikian karena hal ini sudah jadi salah satu tuntutan kita saat ini dengan dinamika perkembangan dan segala macamnya yang ada," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00