• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Dua Atlet Cabor Menembak Aceh Lolos Kualifikasi PON

12 August
23:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Provinsi Aceh kembali meloloskan dua atletnya ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua, yaitu dari cabang olahraga (Cabor) menembak.

Total sementara sudah 16 atlet Aceh dari enam cabang olahraga yaitu menembak, balap sepeda, golf, judo, sepak takraw dan atletik yang lolos ke multi kompetisi olahraga empat tahunan di tanah air ini.

Tim monitoring dan evaluasi (Monev) cabang olahraga menembak, Tarmizi ST kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (12/8/2019) malam, mengatakan dua penembak Aceh lolos PON setelah mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) Piala Pangdam Jaya sekaligus sebagai ajang prakualifikasi PON (Pra PON) yang digelar di arena menembak Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tarmizi menyebutkan, dua atlet menembak yang lolos PON tersebut yaitu Arsy Ainun Nissa di nomor air rifle 10 meter wanita, berada peringkat ke lima dengan total nilai 602,0 QF. Reza Fikri juga pada nomor air rifle 10 meter putra di peringkat 17 dengan nilai 599,9 MQS.

Ia mengatakan, cabang menembak masih ada sekali lagi prakualifikasi yang akan digelar November 2019 mendatang.  "Pada event ini kita akan fokus di nomor air pistol senior", ujarnya seraya menjelaskan dua penembak yang sudah lolos itu merupakan atlet kategori atau prioritas pertama pada pemusatan latihan daerah (Pelatda) KONI Aceh.

Sebelumnya, Ketua Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pra PON/Porwil Aceh, Drs Bachtiar Hasan, M. Pd menjelaskan, 14 atlet dari lima cabang olahraga telah lolos ke PON yaitu atletik dengan lima atlet putra di tiga nomor yaitu lari 100 meter, lari estafet 4x100 meter dan lempar lembing.

Atlet atletik tersebut Burhan Wardhani nomor lari 100 meter catatan waktu 10, 72 detik peringkat ke empat. Lari estafet 4x100 meter dengan pelari Fuad Ramadhan, Burhan Wardhani, Arwin Rahmad dan Ogsa Agfreansa. Supriyadi (lempar lembing) rekor 61,14 meter peringkat ke empat. 

Selanjutnya golf dua atlet peringkat ke-8 Pra PON atlet, sepak takraw (3 atlet/juara pool), judo (2/peringkat satu), balap sepeda (2 atlet/peringkat 13 downhill atau sepeda gunung). Ditambah dua atlet dari menembak, sehingga jumlah sementara sudah 16 atlet Aceh dari enam cabang olahraga yang lolos ke PON.
Disebutkan, sementara cabang olahraga yang gagal lolos ke PON bisbol/sofball dan tenis lapangan. Sedangkan basket, nomor 5 x 5 gagal lolos dan masih ada nomor 3 x 3 yang belum Pra PON.

Saat ini, masih dua ratusan lebih atlet Aceh dari 38 cabang olahraga kategori I, II, III dan IV yang sedang ditempa dalam Pelatda untuk mengikuti Pra PON XX Porwil X Sumatera.

Sebanyak 33 cabang olahraga dari Provinsi Aceh mengikuti Pra PON, yang tempat dan jadwalnya berbeda-beda. Sedangkan pelaksanaan Pra PON sudah harus selesai Desember 2019.

33 cabang olahraga tersebut yaitu Aerosport, anggar, atletik, angkat besi/angkat berat/binaraga, balap sepeda, baseball/softball, bermotor, biliar (nomor snoker), bola basket, bridge, catur (putri dan veteran), dayung, futsal, golf, gulat, judo, karate, layar, menembak, panahan, pencak silat, pentaque, rugby 7's, selam, senam,  sepak takraw, sepatu roda, soft tenis, taekwondo, tarung derajat, tenis lapangan, tenis meja, wushu.

11 cabang olahraga mengikuti Porwil X Sumatera yang akan digelar di Bengkulu, November mendatang yang juga menjadi ajang prakualifikasi PON yaitu akuatik (renang), atletik, biliar (nomor pool), bola voli, bulutangkis, catur (putra), kempo, muaythai,panjat tebing, sepakbola, tinju.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00