• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Pemadaman Lahan di Entikong Terkendala Angin Kencang dan Sumber Air Jauh

12 August
22:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Entikong : Api membakar lahan kosong di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin (12/8/2019) siang. Petugas gabungan dari Polsek Entikong, Koramil Entikong, masyarakat dan PT Borneo Khatulistiwa Plasma berjibaku memadamkan kobaran api.

Kapolsek Entikong Kompol Amin Siddiq mengatakan lahan yang terbakar milik masyarakat namun lokasinya berbatasan dengan wilayah konsesi PT Borneo Khatulistiwa Plasma.

"Lahan yang terbakar itu milik masyarakat yang nantinya akan dijadikan ladang. Luas lahan yang terbakar sekitar 0,8 hektar," ujar Kompol Amin Siddiq usai memimpin pemadaman.

Pantauan rri.co.id di lokasi, api membesar sekitar pukul 12.15 WIB. Petugas cukup kesulitan menjinakkan api, karena pada saat terbakar angin bertiup kencang. Titik api yang berada di lereng perbukitan dan jauh dari sumber air juga menyulitkan petugas melakukan pemadaman.

Sejumlah petugas juga sempat terjebak ditengah kepulan asap saat berupaya memadamkan api. Peralatan pemadaman yang dibawa tidak banyak membantu karena keterbatasan air. Petugas gabungan masyarakat akhirnya memadamkan api secara manual dibantu alat semprot solo milik kepolisian. Api baru bisa dipadamkan sekitar 13.00 WIB.

Ikut dalam pemadaman itu Danramil Entikong Mayor Inf. Arman Sulistiono, Waka Polsek Entikong Iptu Eeng Suwenda serta Estate Manager PT Borneo Khatulistiwa Plasma Belman Manik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00