• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Terima Putusan MK, KIP Aceh Singkil Tetapkan 25 Anggota DPRK Terpilih

12 August
14:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil : Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil tetapkan 25 calon terpilih Anggota DPRK Aceh Singkil periode 2019-2024.

Rapat pleno penetapan calon terpilih Anggota DPRK tersebut langsung di pimpin Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugianto yang di gelar Selasa (12/8/2019) di gedung  Media center Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil.

Edi Sugianto kepada sejumlah awak media menjelaskan meskipun penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRK Aceh Singkil baru bisa di laksanakan pada hari ini, di karenakan sebelumnya Komsi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil sendiri  sedang menghadapi sengketa gugatan dari partai Demokrat dan PKS Aceh Singkil di Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga pasca MK mengeluarkan putusan dan menolak gugatan dari pemohon dan sesuai perintah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang di tuangkan dalam surat nomor 1100 tentang tindak lanjut pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Maka terhitung lima hari pasca putusan,   KIP wajib melaksanakan penetapan Anggota DPRK terpilih.

"Setelah pacsa putusan dari  Mahkamah Konstitusi (MK) dan berdasarkan surat perintah dari KPU, Komisi Independen Pemilihan (KIP) wajib melaksanakan penetapan Anggota DPRK terpilih." Ujian Edi Sugianto

Kemudian di tambahkan Edi,  setelah selesai penetapan Anggota DPRK terpilih ini. KIP Aceh Singkil akan langsung mengirimkan SK penetapan dan berkas para calon Anggota DPRK tersebut  kepada Pemerintah setempat. Guna dan tujuan untuk mengusulkan permohonan jadwal pelantikan kepada Gubernur dan Menteri Dalam Negari (Mendagri).


Sementara itu untuk perolehan Partai Politik yang mendapat kursi pada Pemilu 2019 di Kabupaten Aceh Singkil di jelaskan Edi. Meliputi,  PKB 1 kursi, Gerindra 2 kursi, PDIP 2 kursi, Golkar 6 kursi dan Partai Nasdem 3 kursi. Sedangkan PPP berjumlah 1 kursi, PAN 1 kursi, Hanura 1 kursi, Demokrat 2 kursi, Partai Aceh 1 kursi dan PNA 2 kursi. Sementara untuk PBB 1 kursi dan  PKPI berjumlah  2 kursi.

Lebih lanjut Edi menyebutkan, adapun nama-nama calon terpilih pada Pemilihan serentak pada pemilu 2019 DPRK Aceh Singkil sendiri. Yakni Sadri dari Dapil 4 Partai PKB, Erfan Suri Limbong Dapil 4 dan Bainuddin Ondo Dapil 1 masing - masing dari Partai Gerindra.

Kemudian  Taufik A,md dari  Dapil 1 dan Jaimar Tumanggor dari Dapil 3 Partai PDIP. Sedangkan Ade Dwi Sintiya, Andri Juliswan Limbong dari Dapil 1,  dan Sarbaini, Dewi Sartika Ana dari Dapil 2. Selanjutnya Hasanuddin Aritonang dari Dapil 3 dan Surianto Dapil 4 masing - masing dari Partai Golkar.

Sementara untuk calon anggota DPRK terpilih lainya di sebutkan Edi, yaitu H. Amaliun Dapil 2, Sahman Dapil 3 dan Ahmad Fadli Dapil 4 masing - masing dari  Partai Nasdem. Kemudian  Ramli Boga dari Partai PPP Dapil I.  Yulihardin Dapil 1 Partai PAN.  Lesdin Tumangger dari Partai Hanura Dapil III. Fairuz Akhyar Dapil 1 dan Hj. Asmawati Dapil 4 dari Partai Demokrat. Dan  Aminullah Sagala Dapil 2 dari Partai Aceh. Sedangkan dari Partai PNA di raih  Safriadi Dapil 4 dan Amran Sidik Dapil 1. Sementara Al Hidayat Dapil 4 Partai PBB, dan Fahruddin Pardosi Dapil 4 serta H. Mairaya Dapil 3 dari Partai PKPI masih ikut di tetapkan calon Anggota terpilih DPRK Aceh Singkil periode 2019- 2019.

Turut hadir dalam acara  penetapan Anggota DPRK  terpilih tersebut, Bupati Aceh Singkil,  Ketua dan seluruh anggota KIP Aceh Singkil, seluruh komisioner  Panwaslih Aceh Singkil, Dandim 0109/Aceh Singkil, Kasat Intel Polres Aceh Singkil, Perwakilan dari Kesbangpol Aceh Singkil dan beberapa ketua dan  perwakilan dari Partai Politik Se- Kabupaten Aceh Singkil.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00