• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemuda Rembune Ajak Wisatawan Kibarkan Merah Putih di Ketinggian 2624 Mdpl Gunung Burni Telong

12 August
13:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Gunung Burni Telong di Kabupaten Bener Meriah selalu ramai dikunjungi wisatawan dan mahasiswa pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia.

Terlebih lagi jelang 17 Agustus, puncak gunung Burni Telong dengan ketinggian mencapai 2 ribu 624 Meter di Permukaan Laut (MdPL) itu semakin diminati.

Ketua Pemuda desa Rembune, Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah Irman menyampaikan hingga saat ini sudah ada beberapa Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari sejumlah daerah yang bertanya tentang ada tidaknya pengibaran bendera merah putih di Burni Telong.

Sebagai Pemuda yang menempati wilayah, jelas Irman, mempersilahkan bagi wisatawan untuk mengibarkan bendera merah putih di gunung Burni Telong.

“Mereka udah pada tanya, ada kegiatan (pengibaran bendera merah putih) di atas. Kalau mau buat enggak apa-apa. Kita kawal, kita ngikut aja. Karena selama ini ada yang kibarkan setiap 17 Agustus,” ujar Ketua Pemuda desa Rembune, Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah Irman, Senin (12/8/2019)

Tambah Irman, biasanya pengibaran bendera merah putih di puncak yang memiliki ketinggian lebih dari 2500 Mdpl itu tepat pada 17 Agustus, sekitar pukul 10.00Wib.

Pengibaran hanya sekali dilakukan. Sehingga jika ada komunitas lainnya yang memiliki niatan yang sama. Maka akan tergabung dengan sendirinya untuk ikut upacara pengibaran merah putih.

“Enggak sendiri-sendiri dia. Sekaligus, jadi yang lain itu ikut semua upacara,” tambah Irman.

Jumlah wisatawan yang melakukan pendakian tahun sebelumnya diperkirakan Irman mencapai 400 orang.

“Tanggal 16 Agustus udah naik mendaki, nanti di shalter tiga istirahat semua, baru jam tiga pagi mendaki lagi untuk sampai ke puncak,” demikian Pemuda Rembuna.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00