• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Level II, Gunung Slamet Berpotensi 'Memuntahkan' Letusan Besar

9 August
20:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ada potensi bagi Gunung Slamet di Jawa Tengah untuk memuntahkan letusan besar. Warga sekitar pun diminta waspada.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani mengakui, meski letusannya masih berintensitas kecil, Gunung Slamet tetap saja berpotensi meletus dengan intensitas besar. Hal itu berdasarkan catatan historis yang ada.

"Kalau dari sejarah geologinya, itu ada potensi letusan besar. Tapi sejak tahun 1772 hingga saat ini tidak terlalu besar," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Jumat (9/8/2019).

Perlu diketahui, ada banyak daerah yang berdiri di sekitar Gunung Slamet. Diantaranya adalah Kabupaten Pemalang, Brebes, Tegal, dan Purbalingga. Demi menjaga keselamatan warga sekitar, Kasbani mengaku pihaknya telah melayangkan surat resmi ke pemerintah daerah sekitar dan stakeholder lainnya untuk memberitahukan tentang peningkatan status Gunung Slamet menjadi Level II (Waspada) dari sebelumnya yang hanya Level I (Normal).

"Iya tadi kami secara formal sudah menyampaikan surat peningkatan status kepada kepala BNPB, Gubernur, juga Bupati terkait yang ada. Selain itu juga pos kami yang ada disana juga koordinasi dengan Muspida yang ada disana, BPBD juga," ujarnya.

Diimbaunya pula warga sekitar dan para pendaki untuk tidak coba-coba mendekat ke puncak Gunung Slamet. Paling tidak jaraknya 2 kilometer dari puncak Gunung Slamet.

"Kita imbau tidak ada pendakian ke arah puncak dalam radius 2 km," tukasnya. (Foto: Ant/ Ilustrasi)

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00