• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Kejaksaan Lakukan Penyidikan 3 Perkara Dugaan Korupsi di Kubar dan Mahulu

9 August
16:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar : Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) hingga kini masih melakukan penyidikan terhadap tiga Kasus Dugaan Korupsi  yakni pembangunan Gedung Kristian Center Kubar. Kemudian proyek pengaspalan jalan poros dari Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang menuju Trans Kalimantan Timur (Kaltim). Serta perkara dugaan korupsi dana hibah KPU Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kubar, Iswan Noor menjelaskan, tiga kasus yang ditangani pihak-nya tersebut, telah masuk sejak Mei 2019. Dan terus melakukan penyidikan, mencari serta mengumpulkan alat bukti terkait dengan kasus hingga ditetapkan tersangka nantinya.

Bahkan, ia menegaskan, Kejari Kubar terlah melakukan Pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang terkait dalam tiga perkara tersebut.

“Dari masing-masing perkara, dua itu sudah ada kita minta keterangan, sekitar lima orang untuk jempang, kemudian untuk KC sekitar lima orang juga, Nah itu akan terus berlanjut. Memang kita sempat terpotong dengan kegiatan kemarin, termasuk inikan dekat Hari Raya Idul adha. Kita ikuti dulu itu, nanti setelahnya baru kita kembali lanjutkan prosesnya dengan alat bukti saksi,” tegasnya kepada awak media, Jumat (9/8/2019)

Iswan Noor menambahkan, jika saatnya nanti ditetapkan tersangka pada 3 perkara dugaan tipikor itu, maka akan dibeberkan secara terbuka. 

Diketahui, 3 perkara dugaan tipikor tersebut bernilai fantastis, masing-masing dugaan tipikor pembangunan Gedung Kristen Center Kubar di Kampung Belempung Ulaq, Kecamatan Barong Tongkok, bersumber dari APBD Kubar TA 2012 Berjumlah Rp 50.700.400.000.

Kemudian proyek pengaspalan jalan poros dari Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang ke poros Trans Kaltim sepanjang 9 kilometer (KM) dengan nilai RP 25 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) regular tahun 2017.

Sedangkan kasus dugaan korupsi pengelolaan dana hibah KPU Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), bersumber dari APBD Mahulu, tahun anggaran 2015 senilai Rp 30.797.582.800.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00