• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Peneliti Politik: Megawati Soekarnoputri dan PDIP Tak Dapat Dipisahkan

9 August
14:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Eksekutif Pusat Studi Demokrasi dan Partai Politik Dedi Kurnia Syah menilai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mempunyai pengaruh yang sangat kuat.

"Megawati memiliki pengaruh yang sangat kuat artinya beliau punya sejarah membangun PDIP dengan dramatis sekali dan kemudian ini menguat sekali, jadii PDIP dan Ibu Megawati tidak bisa dipisahkan," jelasnya kepada RRI, Jumat (9/8/2019).

Ia menyebutkan PDIP mempunyai karakter oligarki. PDIP tidak bisa disamakan dengan partai terbuka lainnya, untuk itu PDIP masih bergantung dengan Megawati Soekarnoputri.

"Setiap kader punya kesempatan untuk memimpin di internal jadi mau tidak mau PDIP masih bergantung dengan pengaruh Ibu Mega artinya lebih banyak pemilih yang memang memilih PDIP karena Ibu Mega itu sendiri," katanya.

Ia mengatakan trah Soekarno sangat kuat, kalaupun ada regenerasi pilihannya mungkin tetap di trah Soekarno.

"Antara Puan Maharani atau Prananda. Tapi kita percaya bahwa di masa depan nanti ketika trah Soekarno sudah habis artinya tidak mungkin selamanya akan dipimpin oleh Trah Soekarno pasti akan ada perubahan," imbuhnya.

Tokoh dalam partai politik, lanjutnya, memang diperlukan dan banyak kejadian ketika partai politik mulai kehilangan tokohnya nama partai tersebut kian pudar.

"Ya, artinya megawati adalah PDIP dan PDIP adalah Megawati.Karena memang ketokohan dalam parpol itu diperlukan sekali dan banyak sekali contoh partai politik yang ketika kehilangan tokohnya dia bisa jadi langsung dikatakan collapse," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00