• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Anggota DPR Terjaring OTT, Pakar Pertanyakan Kinerja Departemen Pertanian

8 August
19:46 2019
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pakar Pertanian, HS Dillon enggan menanggapi lebih jauh tentang penangkapan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Anggota Komisi VI DPR RI, dari Fraksi PDI Perjuangan, Nyoman Dhamantra. Dhaman diduga terlibat kasus dugaan suap impor bawang putih. Sebab menurut dia, sebagai negara agraris Indonesia harusnya tidak melakukan impor bawang putih. 

Ditegaskannya semestinya, sebagai negara yang memiliki lahan pertanian yang begitu luas, Kementerian Pertanian mestinya mampu menciptakan swasembada bawang putih dan beberapa bahan pangan lainnya. Jika tak mampu, kinerja Kementerian Pertanian Pertanian pun dia pertanyakan.

"Itu keliru kalau kita harus impor bawang putih. Dari mulai zaman Pak Soeharto sampai sekarang itu. Jadi kalau bawang aja kita ga bisa tanam, untuk apa ada Departemen Pertanian," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (8/8/2019).

Padahal, lanjut dia, dulu Indonesia sempat merasakan swasembada bawang putih. Namun Swasembada bawang putih sendiri terakhir terjadi pada tahun 1996 yang lalu.

"Jadi sebetulnya itu bisa dilaksanakan. Petani kita kan sangat maju, dalam artian kalau kita berikan stimulan, mereka respon. Jadi kalau kita ciptakan apa yang kita namakan seperangkat insentif, mereka akan berproduksi. Bahwa ini tidak berhasil, berarti mohon maaf lah Pak Jokowi, berarti menteri-menteri yang beliau angkat itu dan yang sebelumnya pun, misalnya SBY (kurang mempuni kinerjanya)," tegasnya.

Sementara, lanjut dia, kondisi itu justru dimanfaatkan oleh para mafia untuk melakukan impor bahan pangan.

"Jadi saya lihat selama ini sebagian besar yang bicara macam-macam kerjanya hanya bangun usaha untuk kepentingan dia, keluarga dan kelompoknya. Tapi tidak memikirkan bangun bangsa. Kalau bangun bangsa, kita harus bantu petani dan buruh tani untuk bisa naik kelas," pungkasnya.

Perlu diketahui, baru-baru ini, KPK melakukan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 11 yang diduga terkait suap impor bawang putih. Namun saat ini ada 12 orang sudah diamankan oleh komisi antio rasuah itu. Belasan orang yang ditangkap ini terdiri dari pengusaha importir hingga orang kepercayaan anggota DPR RI.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00