• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Hari Ini, Puluhan Ribu Jemaah Tarwiyah Bergerak ke Mina

8 August
18:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makkah : Puluhan ribu jemaah haji Indonesia akan melakukan ibadah tarwiyah pada hari ke-8 Dzulhijjah (Jumat, 9 Agustus 2019). Jemaah akan mulai bergerak dari pemondokan ke Mina sejak tanggal 7 Dzulhijjah (Kamis, 8 Agustus 2019).

Sunah Tarwiyah adalah berdiam diri di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah, sebelum jemaah bergerak menuju Arafah pada 9 Dzulhijjah. Setiap tahun, banyak jemaah haji Indonesia melakukan Tarwiyah meskipun tidak difasilitasi Pemerintah.

Menurut Kepala Daker Makkah Subhan Cholid, berdasarkan laporan yang mereka terima, ada sekitar 30 ribuan jemaah haji Indonesia yang akan melakukan tarwiyah tersebut.

"Kita dapat laporan kemarin, jemaah yang akan melakukan sunah Tarwiyah itu sekitar 30 ribuan. Itu masih dinamis. Jadi jemaah tersebut nanti malam akan bergerak ke Mina," kata Subhan di Makkah, Kamis (8/8/2019).

Subhan menyebutkan, ibadah sunah Tarwiyah tersebut merupakan keinginan dan tanggungjawab pribadi maupun kelompok masing-masing jemaah yang akan melaksanakan sunah Tarwiyah tersebut. Pemerintah dalam hal ini PPIH Arab Saudi tidak akam memfasilitasi apapun untuk sunah Tarwiyah di Mina tersebut.

"Kami tidak menyediakan apapun di sana, akomodasi, konsumsi dan transportasi," ungkapnya

Dikatakan Subhan, untuk akomodasi, jemaah Tarwiyah akan menempati tenda-tenda yang sudah tersedia di Mina sesuai maktab masing-masing.

" Sesuai maktab masing-masing. Maktab sudah ada sejak lama. Misalnya dia ikut maktab 50 di Makkah, maka di Mina juga demikian," ujarnya.

Dikatakan Subhan, jemaah Tarwiyah akan mendapat layanan kembali setelah kembali dari Arafah seperti layanan konsunsi dan transportasi.

Sunnah Tarwiyah ini banyak dilakukan jemaah karena mengikuti jejak Rosul. Didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW riwayat Abu Dawud dan Ibnu Abbas. Ibnu Abbas berkata, "Rasulullah SAW salat Dzuhur pada Hari Tarwiyah dan salat Subuh pada hari Arafah dari Mina."

Dari hadis ini diketahui bahwa sebelum ke Arafah, Rasulullah menunaikan salat Duhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh di Mina pada hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00