• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Petugas Kloter Dibekali Materi Pemantapan Armuzna

8 August
17:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Puncak ibadah haji wukuf di Arafah, Mudzalifah dan Mina (Armuzna) semakin dekat, seluruh petugas kloter asal Riau dibekali materi pemantapan Armuzna yang diberikan konsultan ibadah, Syafi’i dan Perlindungan Jemaah (Linjam) Muhd Slamet.

Pembekalan diikuti sebanyak 170 petugas terdiri dari seluruh ketua kloter (TPHI), pembimbing ibadah (TPIHI) dan dokter kloter.

TPIHI Kloter BTH 2 embarkasi Batam, Asmuni Hasan mengatakan kegiatan dalam bentuk rapat tersebut untuk mempersiapkan segala hal menyambut rangkaian pelaksanaan ibadah di tiga tempat yang sangat penting yakni Armuzna, sebagai puncak dari kegiatan ibadah haji.

"Wukuf di Arafah itu bermalam di Muzdalifah dan melempar jumrah di Aqabah, Wusta, dan Ula, sangat menentukan pelaksanaan ibadah haji jemaah," jelasnya, Kamis (8/8/2019).

Sementara itu, Kepala Seksi Dokumen Haji Kemenag Riau, Suhardi Hasan menjelaskan sedikitnya tiga catatan penting yang dikupas yaitu mekanisme pelaksanaan petugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing dengan saling melakukan koordinasi, menyangkut teknik pemberangkatan jamaah dari hotel agar tertib dari Arafah ke Muzdalifah hingga dari Muzdalifah ke Mina.

"Selain itu, juga dikaji terkait pemantapan fiqh haji terkait Armuzna, kendati perselsihan pendapat ulama tentang Mina jadid masih ada namun secara umum petugas dapat memahami, semua catatan tersebut untuk diteruskan kepada jamaah," ungkapnya.

Petugas yang mengikuti pemantapan juga menanyakan berbagai persoalan terkait pelaksanakan ibadah haji. Pelaksanaan manasik haji bagi petugas berbeda dengan jamaah, sebab petugas terkait dengan beban kerjanya sebagai petugas sehingga perlu dilakukan pemantapan manasik bertujuan meningkatkan pelayanan kepada jemaah sehingga mendapatkan predikat haji mabrur dan mabrurah. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00