• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Serka Sopur Inspirasi Remaja Rumpin Bogor Lakukan Penghijauan Di Bekas Tambang Pasir

8 August
16:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor adalah sebuah daerah yang sangat ironis, berbanding terbalik antara kekayaan alam yang melimpah dengan kelestariannya.

Kawasan yang dulunya hutan lindung dan konservasi pada tahun 2001 di eksploitasi menjadi sentra penambangan C berupa batu, pasir, tanah dan olahan matrial bangunan lainnya. 

Bukit dan gunung rata akibat eksploitasi oleh para penambang, debu dan udara kotor di bawa truk pengangkut galian itupun dan menjadi masalah baru. Kondisi itupun diperparah dengan tidak adanya tanggung jawab reklamasi lahan oleh para pemegang HGU tambang di wilayah itu. 

Dialah Serka Reynaldi Sopyansah, anggota Koramil 2112 Rumpin Kabupaten Bogor, satu dari sekian prajurit TNI yang berdinas di Kabupaten Bogor itu terketuk hatinya melihat kerusakan yang terjadi di wilayah territorial tempatnya berdinas.

Bersama dengan gerakan The Green yang di cetusnya satu persatu lahan tandus yang di tinggalkan para penambang batu dan pasir di wilayah itu. 

"Bergerak dengan hati itulah tagline komunitas kita The Green yang seperti kita ketahui juga di sini bukan kita bekerja untuk di gaji tapi bermula dari keprihatinan atas kerusakan lingkungan di sekitarnya, sekarang udara kotor oksigen di sini juga sangat sedikit karena minimnya pepohonan intinya saya mengajak untuk berbuat itu saja, dengan menanam," urai Sopur di saung the green yang berada di tengah sawah di Desa Kampung Sawah Rumpin Bogor, Kamis (08/08/2019)

Sopur dan The Green tentunya tidak dapat dipisahkan, Selain menjadi tempat untuk berkreasi dalam budidaya tanaman, di saung ini juga anak remaja dari berbagai daerah bertemu dan menciptakan sebuah gagasan untuk pemberdayaan remaja dan pemuda agar tidak masuk dalam mata rantai usaha galian yang telah banyak di ikuti remaja pendahulunya.

Selain berkebun dan budidaya tanaman keras remaja yang tergabung dalam komunitas itupun menjadi guide untuk wisata alam dan outbond di gunung munara. Salah satu hasil kreasi yang di ciptakan adalah gelas dan tumbler dari bambu di samping bibit tanaman durian musang king dan padi dalam polybag.

"Kita berbeda dengan organisasi dan komunitas lingkungan lainnya yang berharap anggaran dari CSR perusahaan galian dan program pemerintah baik pusat maupun daerah, tujuannya satu adalah memutus rantai generasi muda di RUmpin agar tidak menjadi bagian dari para perusak alam," Sopur menambahkan.

Sosok bertubuh ramping dengan suara serak yang khas, menjadi panutan bagi anggota komunitas yang di binanya. Tidak banyak prajurit yang berani mengorbankan karir dan pengabdiannya untuk kelestarian lingkungan hidup.

Karakter masyarakat tambang di Rumpin Bogor sangat keras, preman kampung hingga preman berdasi bertumpuk menjadi satu berebut lahan untuk mensuplai berbagai proyek pembangunan strategis di Bogor, Jakarta dan Banten.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00