• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Jaga Kondisi Jelang Wukuf, Jemaah Haji Banyak Ibadah di Pemondokan

8 August
14:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makkah : Jemaah haji Indonesia tidak banyak beraktifitas di luar pemondokan menjelang puncak haji, yakni wukuf di Arafah pada 9 dzulhijjah 1440 H (Sabtu 10 Agustus 2019). Jemaah lebih banyak beribadah di sekitar hotel atau pemondokan.

Hal tersebut selain karena tidak ada lagi bus shalawat yang mengantar jemaah dari pemondokan ke Masjidil Haram juga agar jemaah banyak beristirahat menjelang masa Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina) yang menjadi puncak dari proses ibadah haji.

"Di hotel saja ibadahnya. Kalau sholat di masjid dekat sini," kata Nawar, jemaah dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG).

Selain beribadah di sekitar pemondokan, jemaah hanya keluar hotel untuk berbelanja makanan ataupun bahan makanan untuk dimasak sendiri di pemondokan. Hal ini karena sejak tanggal 5 dzulhijjan atau 6 Agustus lalu, layanan katering sudah dihentikan sehingga jemaah harus mencari sendiri kebutuhan makan mereka.

"Kami masak sendiri di kamar. Kadang beli juga kalau lagi malas," kata Muzakir, jemaah asal Lampung.

Selama lima hari jemaah haji Indonesia tidak akan mendapat layanan katering yakni tanggal 5, 6, 7 dan 14, serta 15 Dzulhijjah 1440H. Setelahnya jemaah akan mendapatkan makan kembali seperti sebelumnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00