• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

BPPT Bantu Mesin Penjernih Air Siap Minum di Ponpes Al-Ikhlas Lambuya Konawe

7 August
18:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari : Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ikhlas Lambuya Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra), menerima bantuan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berupa satu unit mesin penjernih air siap minum (Arsinum) dan instalasi penerangan listrik tenaga surya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Prof Nazaruddin Umar memberi apresiasi terhadap sejumlah bantuan dari pemerintah pusat, sebagi bukti kepedulian terhadap pengembangan dunia pendidikan keagamaan, khususnya di Ponpes Al-Ikhlas Lambuya Konawe.

“Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia juga telah menyalurkan bantuan di pondok pesantren ini, berupa pembangunan aula pertemuan santri, laboratorium dan gedung perpustakaan,” ungkap Prof Nazaruddin Umar di Lambuya Konawe, Rabu (7/8/2019).

Selain itu, menurut Nazaruddin, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) juga telah membantu pembangunan Rumah Susun (Rusun) bagi santri putra dan penambahan ruang kelas.   
 
“Insya Allah kita akan membuat pondok pesantren ini lengkap seperti pesantren cabang Al-Ikhlas lainya di berbagai daerah yang bertaraf modern dan canggih,” ujar Nazaruddin.

Sementara itu, Kepala Pusat Teknologi Lingkungan BPPT, Joko Prayitno Susanto mengungkapkan, pembangunan lokasi satu unit mesin penjernih air siap minum itu dirampungkan sebelum akhir 2019.

“Mesin pengolah Arsinum ini memiliki kapasitas 5.000 sampai 10.000 liter dan diharapkan bisa mencukupi kebutuhan air minum anak-anak pondok pesantren, jika lebih, dapat di kelola untuk biaya pemeliharaan alat sekaligus sebagai penghasilan pondok pesantren,” kata Joko Prayitno Susanto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00