• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Pemerintah Tingkatkan Sinergitas antara Peneliti dengan Dunia Industri

6 August
05:32 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) terus mendorong sinergitas antara peneliti dari lembaga Litbang pemerintahan dan perguruan tinggi dengan industri, untuk mengembangkan teknologi dan inovasi secara bersama-sama.

Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengatakan, sinergitas antara peneliti dan industri bisa terwujud dalam sistem sharing. Namun menurutnya, sistem sharing itu tidak hanya dalam aspek fasilitas, melainkan juga SDM. 

"Sharing itu tidak hanya fasilitas, pelayanan, laboratorium, industri tapi juga SDM-nya. Jadi, SDM ini bisa kemudian di universitas ke Industri atau ke LPNK seperti BPPT, LIPI, kemudian juga bisa memanfaatkan laboratorium dan jaringan yang ada," ungkapnya kepada wartawan di sela-sela acara  Focus Group Discussion Mobilitas Peneliti antar Lembaga Litbang Publik dan Industri di Jakarta, Senin (5/8/2019). 

Melalui sinergitas tersebut, Ali Ghufron berharap dunia industri terus melakukan pengembangan inovasi daya saing meningkat. "Inovasi-inovasi itu harus dilakukan karena sebuah perusahaan atau industri tanpa inovasi baru, dia akan ketinggalan karena pasti masyarakat memilih yang lebih murah, lebih efisien, lebih efektif dan mudah," tuturnya.  

Direktur Sistem Inovasi Ditjen Pengembangan Inovasi, Ophirtus Sumule menjelaskan, selama ini para peneliti dari perguruan tinggi maupun lembaga litbang belum bisa masuk secara langsung ke industri karena belum adanya regulasi-regulasi yang memudahkan mobilitas antara keduanya. Padahal jika mobilitas tidak diperhatikan dengan baik, maka lembaga Litbang akan berjalan sendiri dan industri juga akan jalan sendiri.

“Mereka (peneliti) ini kan mau mengembangkan teknologi yang kemudian bisa dipakai industri. Namun tak bisa diserahkan sepenuhnya karena ada filosofi-filosilofi dari penelitian itu yang harusnya ada di dalam industri tersebut,” ujar Ophirtus.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah terus berupaya meningkatkan sinergitas antara industri dan peneliti, tidak hanya dalam pendayagunaan fasilitas namun juga terkait pemanfaatan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, perguruan tinggi dan lembaga litbang kaya akan peneliti.

“Apabila ada industri dengan perguruan tinggi atau lembaga Litbang harus membangun sinergi. Sinergi itu adalah dengan pemanfaatan SDM. Jadi sebenarnya fasilitas yang ada di perguruan tinggi atau lembaga Litbang dapat digunakan bersama-sama dengan industri, lembaga-lembaga sertifikasi dan pengujian,” terangnya.

Ophirtus menambahkan, selain mendorong peneliti melakukan mobilitas ke industri, pemerintah juga akan mengatur agar para peneliti tersebut tidak dirugikan dalam mengembangkan suatu penelitian di sebuah industri, khususnya mengenai hak paten dari penelitian tersebut. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00