• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Nasi Jinggo Ala 'Bu Jum' Terbagi Habis di Masjid Baitul Ummah Bangka

2 August
23:52 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sungailiat : Nasi Jinggo ala 'Bu Jum' terbagi habis kepada jama'ah Masjid Baitul Ummah Sungailiat selepas Shalat Jum'at, 2 Agustus 2019. 'Bu Jum' singkat kata dari Bu (nasi) yang dibagikan pada hari Jumat itu, diterima antusias jama'ah mulai dari anak-anak hingga dewasa dan orang tua.

"Ya, saya senang saja, ada 'Bu Jum' ini. Semoga jadi upaya memakmurkan masjid dan menjadi amaliah," ujar Zarril seorang jamaah masjid, Jum'at (2/8/2019)

Ia berharap gelar 'Bu Jum' itu, menjadi upaya pengurus masjid dan umat Islam lainnya dalam memakmurkan masjid. Selain itu menjadi suatu wahana bagi umat Islam dalam menyalurkan amaliah, menyisihkan rezekinya untuk sodakoh di hari Jum'at.

Sementara, Cak Sobri selaku penyedia makanan, sekaligus juru masaknya itu mengatakan, sajian menu nasi jinggo ala 'Bu Jum' itu terinspirasi nasi jinggo yang menjadi kuliner khas Bali. Untuk porsi sekitar 280 kotak nasi yang dibagikan Jum'at 2 Agustus 2019 itu menghabiskan 22 kilogram beras. Namun menu apa pun yang disajikannya pada setiap ba'da Shalat Jumat itu nyatanya selalu terbagi habis kepada jama'ah masjid.

"Menu kali ini, masakan Nasi Jinggo ayam swer tumis asam pedas. Kalau di Bali Nasi Jinggo ini tidak asing lagi. Nasi ini kami bagikan gratis sama jamaah, bisa dibawa pulang atau makan disini," kata Cak Sobri yang mengaku puas bila nasi yang dibaginya habis.

Menurutnya, gelar 'Bu Jum' sudah berlangsung setiap Jumat sebanyak 24 kali. Pesanan yang ia terima setiap Jum'at-nya berasal dari donatur yang dihimpun pengurus Masjid Baitul Ummah Sungailiat.

Khusus untuk hari Jum'at dana itu disalurkan dengan membagikan makanan secara gratis kepada siapa pun jama'ah yang sudah menunaikan Shalat Jum'at.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00