• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

BNPB untuk Sutopo Purwo Nugroho, Pejuang Informasi Kebencanaan

2 August
17:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo sudah meresmikan ruang serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho yang berada di lantai 15 Graha BNPB, Jakarta, Kamis  (1/8/2019). 

Peresmian dilakukan secara simbolis oleh Kepala BNPB, didampingi Retno Utami, istri mendiang Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatinmas) Sutopo Purwo Nugroho, beserta keluarga.

Peresmian ruangan tersebut diinisiasi BNPB untuk memberikan apresiasi dan penghormatan tertinggi atas jasa dan dedikasi Sutopo terhadap penanggulangan bencana semasa hidupnya.

Sutopo Purwo Nugroho, Pejuang Informasi Kebencanaan

Sutopo Purwo Nugroho, sebagai sosok pahlawan kemanusiaan yang telah turut membesarkan nama BNPB. 

BNPB Menganugerahkan penghargaan Pengabdian Insan Kemanusiaan Dharma Widya Argya atau "Pengabdian dan jasa-jasanya dalam menyumbangkan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan di bidang kebencanaan", sebagai refleksi dedikasi luar biasa saat menderita penyakit kanker tapi tidak menyurutkan semangatnya untuk mengabarkan kepada publik, berita kebencanaan.

Pak Topo, panggilan akrab Sutopo, selalu cepat untuk menginformasikan kepada media massa atau pun melawan berita hoaks terkait bencana melalui media sosial. 

Sosok pak topo sebagai tokoh komunikasi kemanusiaan patut untuk terus dilanjutkan. Meskipun pak topo telah berpulang pada 7 juli 2019 lalu, namun satu pesan yang selalu disampaikannya selalu menggaung di telinga siapapun yang mengenal beliau, di mana "Hidup itu bukan soal panjang atau pendeknya usia, namun seberapa besar kita dapat membantu orang lain".

Sebagai rasa terima kasih atas pengabdian yang tak terkira, BNPB bersama Bank Rakyat Indonesia, menyerahkan beasiswa pendidikan berbentuk Tabungan BRITAMA Bencana kepada dua anak mendiang Sutopo, sebesar Rp 200 juta. 

Rangkaian acara itu ditutup dengan seminar dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pada potensi ancaman bahaya gempa bumi di indonesia yang menghardirkan, Prof.Dorodjatun Kuntjoro Djati sebagai Keynotes Speaker dengan judul "Seminar  Nasional Kebencanaan Membangun Infrastruktur Yang Berkelanjutan" di ruang Dr. Sutopo Purwo Nugroho yang baru diresmikan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00