• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Kejati Kalsel Diminta Kawal Dugaan Korupsi di KONI Banjarbaru

29 July
13:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banjarmasin : LSM Forkot Banjarbaru dan LSM Forpeban Kalimantan Selatan meminta Kejaksaan Tinggi Kalsel mengawal dan mengawasi penyelidikan dan penyidikan kasus dugaan korupsi yang terjadi di Komite Olahraga Nasional Indonesia KONI Banjarbaru.

Puluhan massa yang berasal dari LSM Forkot Banjarbaru dan Forpeban Kalsel Senin (29/7/2019) pagi melakukan aksis unjuk rasa di kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan di jalan S. Parman guna menyampaikan aspirasi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi yang terjadi di KONI Banjarbaru, dimana kasusnya kini tengah disidik oleh Kejaksaan Negeri Banjarbaru.

Menurut Din Jaya selaku koordinator aksi, bahwa dalam pemberian dana hibah pemerintah kota banjarbaru senilai Rp. 6,7 miliar kepada KONI setempat pada tahun 2018, sebanyak Rp. 4,3 miliar diperuntukan bagi atlet yang berprestasi pada Pekan Olahraga Propinsi di kabupaten Tabalong tahun 2017 silam disalurkan melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga setempat, sementara sisanyanya sebesar Rp. 2,4 miliar untuk dana pembinaan dan kesekretariatan koni banjarbaru diduga telah diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, diduga laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut telah direkayasa dan hanya sebagai formalitas.

“Usut tuntas kasus dugaan korupsi yang ada di Koni Banjarbaru, karena kami duga ada perbuatan korupsi pada pemberian dana hibah dari Pemko Banjarbaru,” kata Din Jaya di Banjarmasin.

Kedua LSM ini juga menuntut agar penyidik kejaksaan memanggil dan memeriksa Walikota Banjarbaru Nadji Adhani guna diminta keterangan, serta mendukung sepenuhnya kinerja aparat Kejaksaan Negeri Banjarbaru  untuk mengusut tuntas kasus ini, dan jika sudah dirasa ada cukup bukti maka dengan segera ada penetapan tersangkanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00