• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Potret 'Gandalf', Kucing Putih Lucu Sedang Bad Mood di Car Free Day

28 July
15:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Rutinitas Car Free Day (CFD) di kawasan jalur bisnis nasional Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) tak pernah luput dari fenomena menarik.

Kali ini, RRI berhasil mendapatkan momen lucu bersama dua ekor kucing persia nan lucu di kawasan seputar Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Berjalan mencari geliat UMKM saat CFD, ternyata kami tertambat pada tingkah dua ekor kucing persia lucu di atas trotoar Jalan Jenderal Sudirman.

Saat didekati, kucing persia yang memang punya karakteristik mudah beradaptasi dengan siapapun itu ternyata juga pemalu. Entah pemalu atau ada sebab lain, keduanya nampak tak mau diabadikan melalui kamera smartphone.

Saat kami memaksa untuk mengambil foto, kucing berwarna hitam langsung berbalik belakang dan tidur. Sedangkan yang berwarna putih tetap duduk menghadap kamera tapi dengan muka cemberut. Aduh lucu sekali, bukan?

Si pemilik kucing-kucing tersebut sampai kaget melihat tingkah keduanya. Sambil tertawa dia malah meminta diambil foto saat si putih sedang cemberut.

"Bad mood (yang warna putih) kayanya dia. Kalau yang hitam, saya bingung koq bisa balik belakang gitu," sebut si pemilik yang tak mau disebutkan namanya sambil tak henti tertawa.

Sebelum meninggalkan kucing-kucing tersebut, melihat fotonya, kami lantas tertawa, karena kucing persia berwarna putih, yang dikatakan sedang bad mood oleh pemiliknya lama kelamaan jadi mirip salah satu tokoh fiksi kisah LOTR (Lord Of The Rings) bernama Gandalf.

Gandalf adalah sosok fiksi penyihir yang divisualisasikan berambut sampai janggut serba putih, dan berjubah putih. Wah, koq bisa ya? Tapi itulah fiksi.

Karakter Sifat Kucing Persia

Mengutip artikel dari sebuah wordpress bernama kucingadopsiku, diinformasikan bahwa karakter kucing Persia adalah kucing pendiam, tenang, mudah dikontrol, mudah dikandangkan, dan cenderung tidak rewel. Kucing ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ia mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan di rumah atau apartemen (indoor).

Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Ia juga mudah beradaptasi dengn pemilik baru. Sifatnya sangat manja, sehingga kucing jenis ini cocok menjadi hewan peliharaan di rumah (indoor).

Kucing Persia sangat anggun sekaligus wajahnya nampak lucu sekali. Kucing Persia memiliki karakter wajah bulat dan moncong pendek. Bila dilihat dari samping, bagian dahi hidung dan dagu berbentuk garis tegak lurus. Kepalanya besar dan bulat, hidung pesek dan lebar dengan celah pembatas yang jelas dengan mata. Rahang kuat dan lebar, pipi penuh ditopang tulang pipi yang menonjol.

Bentuk tubuhnya tambun dan berotot yang tertutupi oleh bulu lebat. Telinga kucing Persia berujung bulat, bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan. Matanya membuka berbentuk bulat dan lebar, warna matanya berhubungan dengan warna bulu dan serasi.

Dadanya bidang dan lebar dengan bagian punggung sedikit membulat. Ukuran dan posisi perut bagian belakang membulat dan lebih rendah (cobby). Kaki kucing Persia pendek, tebal, kuat ditopang tulang yang berukuran besar. Kaki depan lurus dan kaki belakang juga lurus bila dilihat dari belakang

Kucing Persia sangat mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, maupun dengan pemilik barunya, dengan lingkungan rumah tangga yang baru. Kucing Persia mudah menyesuaikan dengan majikan yang baru dan sangat menyayangi pemiliknya (friendly). 

Ikatan (bonding) nya cenderung kuat ke majikannya. Ia juga ramah terhadap orang asing. Kalau sudah manja, ulahnya macam-macam untuk menarik perhatian. Ia suka ngambekan, kalau sudah ngambek tak jarang omelan 'ngeongan' yang keluar.

Suaranya lembut, nyaris tidak terdengar. Bahasa permintaannya lebih diwujudkan dengan perilaku bukan dengan suara. Ekspresi wajahnya manis, tenang, patuh dan tidak sangar. Tidak menunjukkan perangai bermusuhan. Bisa duduk dan tidur di suatu tempat berlama-lama dengan posisinya yang khas.

Kucing Persia memiliki kepribadian yang ramah dan hangat. Kucing ini dapat melakukannya dengan baik dan menyenangkan anak-anak. Kucing Persia bisa solider dan akrab dengan kucing lain, binatang lain dan juga anak-anak. Ia termasuk tipe kucing yang senang bermain jika diberi mainan. 

Sesekali ia melompat dan berlarian di rumah tanpa sebab. Ajakan bermain yang membuat majikannya tertawa melihat tingkah lakunya. Sebagai kucing ruangan (indoor), ia sangat senang bila diajak bermain dalam rumah.

Memelihara kucing Persia membutuhkan komitmen yang tinggi. Kucing Persia memerlukan dukungan kerajinan dan ketekunan majikan dalam merawatnya. Terutama grooming rutin untuk merawat bulunya yang cantik agar tetap terjaga keindahannya. Meski ia suka berdandan dengan perawatan khusus, namun bukan berarti ia kucing yang 'matre' atau maintenance yang mahal.

Kucing ini ideal sebagai hewan peliharaan para pencinta kucing (cat-lovers). Meski pun biaya pemeliharaannya (maintenance) agak mahal. Keturunan kucing jenis Persia ini dianggap lebih eksklusif dibandingkan kucing lain. (Foto: Jorike Fitri/PRO3 RRI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00