• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Semanggi Suroboyo, Pecel Khas Kota Surabaya

28 July
14:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Semanggi Suroboyo, adalah sejenis sayuran yang khas di Kota Pahlawan Surabaya. Tanaman ini tumbuh liar di persawahan, dan dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan, seperi sayur bening, dan yang paling dikenal adalah untuk pecel. 

Ya, Pecel Semanggi menjadi makanan yang hanya bisa ditemukan di Surabaya. Pecel ini, terdiri dari daun semanggi, taoge atau bahasa jawanya 'cukulan', kemudian kubis, kadang juga ditambah bunga turi, semuanya dicampur lalu disiram dengan bumbu pecel.

Nah, ada satu tambahan lagi yang membuat pecel semanggi, berbeda dengan pecel pada umumnya, yaitu kerupuk puli sebagai pelengkap, dimana pecel biasanya pakai peyek. Kerupuk puli dibuat dari nasi yang dicampur puli, lalu dicetak, dikeringkan. 

"Yang saya tahu, semanggi makanan khas Surabaya," kata Subiantoro, salah satu warga Kota Surabaya kepada RRI Surabaya, Minggu (28/7/2019).

Meski sebagai warga Surabaya yang sudah sekitar 40 tahunan, rupanya Subiantoro bukanlah penggemar berat Pecel Semnggi, namun diakuinya rasa makanan ini cukup khas, pedas dari bumbunya, dan sedikit manis dari sayur semangginya. 

"Rasanya pedas pedas manis gitu," imbuhnya. 

Untuk mendapatkan makanan pecel semanggi, tidak terlampau sulit, meskipun harus pada lokasi lokasi tertentu. Subiantoro menceritakan, penggemar kuliner, dapat merasakan nikmatnya pecel semanggi, di Taman Bungkul Surabaya dan seputaran Masjid Al Akbar Surabaya. 

"Banyak dijual di sekitar masjid Al Akbar Surabaya, terlebih hari Minggu, tepatnya di trotoar trotoar. Yang jualan ibu ibu dengan digendong," ceritanya. 

Pasti penasaran kan dengan rasa pecel semanggi? Buruan ke Surabaya, karena makanan ini hanya ada di Kota Pahlawan Surabaya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00