• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Dukung SPBE, Diskominfo Sulsel Bangun Koneksi Internet ke Seluruh OPD

28 July
11:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makassar : Upaya mendukung visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman yakni menghadirkan Pemerintahan yang kreatif, inovatif, dan kompetitif, inklusif, berkarakter dan melayani.

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel menghadirkam pembangunan jaringan internet berbasis fiber optik yang dapat terkoneksi ke seluruh instansi OPD lingkup Pemprov Sulsel. Hal ini sebagai terlaksananya sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan pembangunan fiber optik ini yang menghubungkan seluruh kantor perangkat daerah termasuk rumah sakit dan rumah jabatan mulai dikerjakan sejak 1 pekan lalu.

“pengerjaan dan pemasangan sudah mulai dikerjakan dengan titik awal di lingkup kantor gubernur dan selanjutnya dikoneksikan ke kantor OPD di luar kantor Gubernur,” Jelas Andi Hasdullah, Jumat (28/7/2019).

Andi Hasdullah menyebutkan/ Target pemasangan fiber optik ini ditargetkan selesai september mendatang dengan pengendalian sistem terpusat di kantor Diskominfo SP Sulsel.

Ditambahkan, kehadiran fiber optik yang terintegrasi dan terpusat ini, layanan internet sudah dapat di akses melalui satu pintu dan terpusat.

“Jaringan ini nantinya dapat terkoneksi satu sama lain antar OPD dengan kemampuan sangat cepat,” ungkapnya.

Kadiskominfo SP Sulsel ini mengungkapkan, Kehadiran jaringan internet fiber optik ini sangat efesien dan efektif dalam aspek anggaran dan manfaat.

“Untuk data kita sudah berlangganan dengan provider Indosat dan biaya pembelian data juga jauh lebih murah serta kemampuan akses data sangat cepat yakni 200 mbps,” jelasnya.

Kata Andi Hasdullah, Layanan jaringan ini tidak hanya menyediakan layanan internet tetapi layanan telpon terpusat juga dapat dinikmati oleh setiap instansi OPD tanpa dikenakan biaya kecuali aksel telpon luar.

Hasdullah mengungkapkan, Kedepan diskominfo akan mengembangkan layanan jaringan internet ini dapat dinikmati oleh masyarakat melalui sistem free wifi di area publik seperti kawasan car free day.

"Sangat memungkinkan pengembangan jaringan ini kita akan tempatkan di area publik dengan jaringan wifi gratis khusus hari sabtu dan minggu karena jaringan di hari libur tidak dimanfaatkan di perkantoran," Ungkap Hasdullah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00