• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Fakultas Biologi UGM Luncurkan Melon Ukuran Apel, Lebih Kaya Nutrisi

25 July
16:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Fakultas Biologi UGM, hari Kamis (25/7/2019), meluncurkan varietas baru buah melon yang diberi nama melon baby hikapel. Ahli rekayasa genetika yang juga dekan Fakultas Biologi UGM Prof DR. Budi Setiadi Daryono mengatakan buah melon dibuat ukuran kecil agar mudah dibawa dan ditangani. 

Budi menyebutkan melon baby hikapel merupakan hasil inovasi dari varietas melon handy hikapel yang diluncurkan tahun 2015 melalui riset dengan dana dari Riset Produksi, Rispro Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, LDP Kementerian Keuangan. 

Lalu, tahun 2018 Budi melakukan riset untuk membuat melon hikapel yang memiliki berat sekitar 250-850 gram menjadi ukuran yang lebih kecil dan terciptalah melon baby hikapel ini.

“Kita berhasil mengecilkan ukuran melon handy segenggam tangan itu, kita berpikir harus ada inovasi lagi meski kandungannya mungkin sama tetapi bentuknya lebih mudah ditangani dan dikonsumsi seperti jeruk misalnya.  Kemudian kita ada inovasi, ini soal permainan gen dan kendali terhadap nutrisi.  Dan kalau bisa jadi ikon produk Indonesia,” jelas Prof. Budi Setiadi Daryono tentang inovasi melon baby hikapel.

Budi menjelaskan buah melon baby hikapel tersebut kaya nutrisi, mengandung senyawa beta karoten, vitamin C, dan beberapa mineral. Keunggulan lain, melon baby hikapel ini juga tidak terkontaminasi oleh senyawa ethrel yang berbahaya serta rendah pestisida. Dengan begitu aman untuk dikonsumsi. Melon juga bisa dikemas sebagai buah tangan dan harapannya nanti bisa menjadi ikon produk pertanian Indonesia.

“Ukuran lebih gampang karena lebih kecil, jauh lebih tinggi konten nutrisinya, jauh lebih tinggi konten nutrisinya, cara menanamnya biasa saja, sama seperti melon umumnya. Hanya saja disini ada permainan genetika. Nah, itu yang membedakan dengan melon yang lain,” terang Prof Budi yang menyarankan masyarakat bisa datang ke Fakultas Biologi untuk mendapatkan benih melon Baby Hikapel. 

Peluncuran melon baby hikapel di Graha Sabha Pramana kampus UGM dihadiri Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, serta sejumlah pimpinan di lingkungan UGM,dilakukan usai Prof. Budi menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar pada Fakultas Biologi UGM.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00