• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

ANRI Gelar Soft Launching Arsip Foto Presiden KH. Abdurrahman Wahid

24 July
15:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Soft Launching Arsip Foto Presiden Indonesia yang keempat KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Hadir istri Gus Dur, Sinta Nuriyah pada soft launching yang diadakan di gedung ANRI, jalan Ampera Raya, Jakarta, Rabu, (24/07/2019).

Ibu Sinta Nuriyah mengatakan foto Gus Dur itu bercerita  tentang kegiatan Gus Dur dalam kenegaraan, kemanusiaan ketika menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia dari 20 Oktober 1999 – 23 Juli 2001.

"Arsip foto masa lampua yang baik dapat menjadi pelajaran, bercerita tentang aktifitas dari seorang tokoh yang terjadi di masa lalu, sebagai pelajaran untuk generasi penerus," kata Ibu Sinta Nuriyah.

Menurut pengakuan Sinta, Ia hanya mendampingi Gus Dur untuk acara resmi kenegaraan dan tidak ikut mencampuri urusan suaminya sebagai presiden.

Sementara itu Plt. Kepala ANRI, M. Taufik mengatakan Gus Dur yang dikenal dengan slogan “Gitu, Aja Koq Repot” memiliki peranan yang sangat penting dalam perjalanan proses demokrasi di Indonesia. Diharapkan dengan adanya Arsip Foto KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dapat menjadi pembelajaran berharga bagi generasi mendatang.

Daftar Arsip Statis Foto KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Tahun 1999 yang diserahkan oleh pihak keluarga Gus Dur itu memuat 2.350 foto master (foto positif). 

Daftar Arsip Statis Foto KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) berjumlah 26 album foto, dengan rincian series  Pelantikan Kabinet Persatuan Nasional diantaranya pelantikan Presiden, Wakil Presiden dan Menteri Kabinet, yakni nomor arsip dari 0001 s/d 0245. 

Series Kunjungan Tamu Negara diantaranya Tamu dari Dalam Negeri dan Luar Negeri, yakni nomor arsip dari 0246 s/d 0402. 

Series Kunjungan Kerja Presiden diantaranya Dalam Negeri dan Luar Negeri, yakni nomor arsip dari 0403 s/d 2.233. 

Series Acara Keluarga diantaranya Acara Keagamaan dan Acara Ulang Tahun, yakni nomor arsip dari 2.234 s/d 2.350.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00