• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

PT INKA Banyuwangi Siap Rengkrut 5.000 Tenaga Kerja

24 July
14:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Pabrik PT Industri Kereta Api (INKA) yang di bangun di kawasan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, siap menampung 5.000 tenaga kerja baru, yang siap diperkerjakan di pabrik kereta api tersebesar di Asean. 

Dari kebutuhan 5.000 tenaga kerja tersebut PT Inka memprioritaskan lulusan dari Sekolah Menegah Kejuraan (SMK) di Banyuwangi, yang memang memilki standarisasi khusus, untuk kebutuhan tenaga kerja pabrik.

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro menjelasakan, saat ini pabrik PT Inka Banyuwangi masih dalam tahap pembangunan, dan ditargetkan bisa beroperasi pada Bulan Agustus 2020 mendatang, namun sebelum dibuka PT Inka sudah berkerja sama dengan 5 lembaga pendidikan di Banyuwangi, untuk menunjang tenaga kerja  di bidang perkereta apian.

"Kita sudah berkerjasama dengan SMK, untuk menunjung tenaga kerja kami, tentunya  yang sesuai standarisasi industri kereta, keterampilan para pelajar bisa match dengan kebutuhan industri,” ujar Budi Noviantoro, Rabu (24/7/2019).

Lima lembaga pendidikan tersebut, yakni SMKN 1 Glagah, SMK Tegalsari, SMK Ihya’ Ulumuddin, SMK Muhammadiyah Rogojampi, dan Politeknik Negeri Banyuwangi, dibuka kelas khusus jurusan teknik mesin dan teknik las dengan standar industri perkerataapian. PT INKA menyusun kurikulum hingga supervisi. Bahkan, para tenaga ahli PT INKA menjadi guru tamu dalam frekuensi pertemuan hingga 20 kali per semester.

Selain itu INKA juga menggerojok dana ratusan juta untuk bantuan alat-alat praktikum ke SMK tersebut sehingga para pelajar bisa mempelajari standar permesinan kereta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00