• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Tiongkok-ASEAN Sepakat Media Berperan Penting di Era Digital di Kawasan

23 July
23:47 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Sebagai salah satu mitra wicara ASEAN, Tiongkok termasuk aktif dalam memperkuat kerja sama dengan 10 negara di kawasan Asia Tenggara.

Salah satunya yaitu dengan menggelar program “Konferensi Level Pejabat Tinggi Media ASEAN-Tiongkok” yang berlangsung pada 23-24 Juli di Jakarta.

Duta besar Tiongkok untuk ASEAN, Huang Xilian mengatakan, program konferensi tersebut menjadi wadah bagi para perwakilan media maupun pakar ASEAN dan Tiongkok, untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran khususnya dalam era digital seperti saat ini.

Kami mengundang perwakilan media dan juga para pakar dari ASEAN dan China, sehingga mereka bisa bertemu dan bertukar pikiran. Serta, untuk berdiskusi tentang bagaimana mempromosikan kerjasama media kita. Khususnya dalam era digital saat ini,”ujar Huang Xilian ketika ditemui di sela-sela konferensi, Selasa (23/7/2019), di Jakarta.

Huang Xilian menambahkan era digital yang memiliki tantangan sekaligus peluang di dalamnya, penting bagi media ASEAN dan Tiongkok untuk saling belajar.

Tapi, saat ini kita dihadapkan dengan berbagai tantangan dan juga potensi dalam era digital. Kita perlu untuk belajar bagaimana berkomitmen dengan hal itu (era digital), ketika kita memajukan hubungan kita dalam level yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Menurut Xilian, termasuk dalam konferensi kali ini media dari dua kawasan itu perlu menyadari posisi pentingnya dalam memainkan peran yang konstruktif.

Serta, untuk memastikan bagaimana media memainkan peran yang konstruktif. Termasuk dalam membangun kepercayaan antar dua belah pihak dan media memegang peran penting di sana,”terang Huang.

Wakil Menteri Administrasi Radio dan Televisi Nasional Tiongkok, Fan Weiping, mengatakan, “Program 2020” yang merupakan inisiasi Tiongkok dan akan diimplementasikan selama 5 tahun kedepan, diklaim sebagai salah satu langkah untuk semakin mempererat hubungan bersama ASEAN.

“Tiongkok memiliki inisiatif bagi “Program 2020” yang mana program tersebut akan dilakukan bagi 5 tahun. Sebagai program yang lebih mengeratkan hubungan antara Tiongkok dan ASEAN. Khususnya, yang dibahas dalam diskusi hari ini. khususnya dalam membahas berbagai prioritas tersebut bagi penguatan kerja sama media Tiongkok dan ASEAN dalam 5 tahun,” ungkap Fan Weiping.

Fan berharap konferensi yang berlangsung di Jakarta akan menyelenggarakan diskusi, untuk dipertimbangkan kedalam konsensus guna mendukung pembangunan hubungan kedua pihak.

“Saya harap Anda semua bisa menyelenggarakan dan mempertimbangkan diskusi tersebut kedalam konsensus dalam bentuk dokumen guna mendukung pembangunan hubungan Tiongkok dan ASEAN,” harapnya.

Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN bidang Komunitas Sosial Budaya, Kung Phoak, mengatakan Tiongkok diharapkan mendukung penuh tahun 2020 yang dicanangkan sebagai “Tahun Identitas ASEAN”.

“Tahun depan seperti yang kita rencanakan bahwa tahun 2020 sebagai tahun Identitas ASEAN. Saya juga mengharapkan Tiongkok untuk mendukung sebagai pengaruh di ASEAN mungkin dibidang informasi sebagai bagian dari pembangunan ASEAN. Serta, untuk mengadopsi identitas bersama,” harap Kung Phoak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00