• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pesan Kemendikbud: Anak Jangan Dilepas Begitu Saja!

23 July
19:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Sukiman mengimbau semua orang tua untuk tidak serta-merta 'melepas' pengawasan terhadap anaknya di sekolah. Hal itu demi menekan tingkat kekerasan seksual dan fisik terhadap anak-anak di lingkungan sekolah. 

"Kami mengajak warga ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan. Jadi jangan anak-anak dilepas begitu saja," kata Sukiman saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (23/7/2019).

Ia menegaskan demi menekan tingkat kekerasan seksual dan fisik terhadap anak-anak di lingkungan sekolah, perlu ada kolaborasi dengan sekolah, sehingga pengawasan bisa terjadi dari kedua belah pihak.

"Makanya apabila terjadi kekerasan, itu orang tua bisa cepat mengetahui," ujarnya.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sejak Januari 2019, terjadi kasus kekerasan seksual 9 lokasi di Sekolah Dasar (SD) dengan korban sebanyak 49 peserta didik. Jumlah itu diperparah dengan terjadinya kekerasan seksual terhadap anak SMP di 4 lokasi dengan korban mencapai 24 peserta didik.

Sukiman mengakui kalau dari waktu ke waktu, kekerasan fisik dan seksual terhadap anak kerap terjadi. Hal itu bahkan tidak hanya terjadi di sekolah, tapi juga di lingkungan rumah. 

Demi menekan tingkat kekerasan fisik dan seksual terhadap anak, Sukiman menekankan bahwa Kemendikbud sudah mengeluarkan beberapa aturan. Diantaranya aturan tentang pelibatan keluarga dalam Permendikbud 30/2017.

"Kemudian terkait dengan anak-anak korban tindak kekerasan di pendidikan juga sudah ada Permendikbud nomor 82/2015 dan yang lainnya," tambahnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00