• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Butuh Keadilan, Baiq Nuril Menangis di Hadapan Komisi III DPR RI

23 July
18:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : "Sampai beberapa akhir pekan ini. Saya tidak pulang sampai apa akhir dari semua ini," kata Baiq Nuril dihadapan Komisi III DPR RI sambil isak tangisnya dan suara seraknya menyertainya.

Pada Selasa (23/7/2019), Baiq Nuril mendatangi Komisi III DPR RI bersama anaknya Rafi. Ia yang memakai kerudung merah tak kuasa menahan tangis ketika mengeluhkan kasusnya di Komisi III DPR RI.

Sementara itu Komisi III DPR pada Rabu besok berencana memanggil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly terkait Surat Presiden mengenai Amnesty Baiq Nuril.

Anggota Komisi III DPR RI Juminart Girsang mengatakan putusan MA  secara etika sudah final dan Komisi III DPR tidak mencampuri putusan perkara. Dan dalam paparan tersebut Komisi III DPR hanya memberikan pertimbangan politik.

"Sudah final putusan hukum. Kita hanya memberikan putusan politik dari surat Presiden Jokowi soal amnesty Baiq Nuril," ucapnya.

Sebelumnya, hakim kasasi Mahkamah Agung menyatakan Nuril bersalah atas sangkaan "mendistribusikan atau mentransmisikan konten kesusilaan" yang tertera dalam pasal 27 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Putusan MA ini membatalkan vonis yang ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Kota Mataram pada Juli 2018 lalu, yang menyatakan Baiq Nuril tidak bersalah dan dia dibebaskan dari status tahanan kota.

Buntut dari putusan MA yang menolak PK Baiq Nuril itu pun, Baiq meminta Presiden Jokowi membantunya melalui amnesti. Permintaan Rieke disampaikan melalui suratnya di medsos yang kemudian viral.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00