• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Bangkai Pesawat Cessna Yang Jatuh Di Sungai Cimanuk Indramayu Berhasil Dievakuasi

23 July
17:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Indramayu : Setelah lebih dari 20 Jam,  Petugas dari unsur gabungan berhasi mengevakuasi bangkai pesawat latih jenis Cessna yang jatuh di Sungai Rambatan Cimanuk, Cantigi Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Selasa (23/07/2019).

Petugas menerjunkan tim penyelam untuk membantu proses evakuasi bangkai pesawat bernomor registrasi PK-WUG Cessna 172 itu.

Dirpolair Polda Jabar Kombes Polisi Widi Handoko mengatakan awalnya tim membuat sketsa awal untuk mengangkat bangkai pesawat itu.

“Petugas menggunakan beberapa drum plastik berkapasitas 200 liter sebanyak lima drum berisi air di badan pesawat dan rencana nanti ada beberapa drum tambahan, nanti drum itu akan kita tembakan udara melalui kompresor, 5 drum yang sudah ditempelkan di empat bagian pesawat, yakni dua drum diletakkan di sayap, kemudian dua drum di ekor pesawat, dan satu drum di depan pesawat, nanti penyelam tembakan udara, air dalam drum akan keluar digantikan udara, Drum ini membantu pesawat muncul ke permukaan," ujar Kombespol Widi.

Sebelum meletakkan lima drum di pesawat, pihaknya telah membuka pengunci bahan bakar pesawat, selain itu, petugas juga menerjunkan alat berat untuk memperlancar proses evakuasi.

Setelah mengapung pesawatpun diangkat dengan alat yang sudah disiapkan dan dibawa ke sisi lahan sungai untuk kemudian dilakukan evakuasi lanjutan.

Pesawat latih Cessna Milik AAA Pilot School Cirebon yang merupakan anak perusahaan Lion Air jatuh di Sungai Rambatan Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pesawat tersebut diawaki dua siswa penerbangan yakni Arthur Arfa dan Muhammad Salman Alfarisi. Arthur selamat, sedangkan Salman meninggal dunia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00