• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

15 Jemaah Meninggal di Arab Saudi Dipastikan Haji

23 July
14:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madinah : Pemerintah memastikan seluruh jemaah haji yang diberangkatkan dari tanah air sudah berhaji. Terutama jemaah yang meninggal dunia di Arab Saudi. Diketahui hingga Selasa (23/7/2019) ada 15 jemaah haji Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi.

Pemerintah akan menghajikan jemaah wafat dengan cara membadalhajikan (menggantikan) jemaah tersebut dan jemaah akan mendapatkan sertifikat dari pemerintah.

Ketua Sektor 5 Daker Madinah Khalillurrahman mengatakan, pemerintah memiliki kewajiban untuk memastikan semua jemaah haji yang telah diberangkatkan dari tanah air sudah berhaji, caranya dengan badal (menggantikan) haji jemaah tersebut.

Khalillurrahman yang tahun ini juga akan bertugas membadalkan jemaah haji menjelaskan bahwa badal sama prosesnya dengan pergi haji, hanya niatnya bukan untuk dirinya (ada petugas haji yang membadalkan) namun Petugas haji yang membadalkan wajib sudah berhaji.

Terkait dengan jumlah petugas badal (yang menggantikan haji dari orang yang seharusnya menunaikan ibadah haji, karena halangan lansia atau meninggal dunia), merupakan domain otoritas daerah kerja Makkah. Khususnya kepala seksi bimbingan ibadah Makkah untuk mendata dan berkoordinasi dengan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Arab Saudi, terkait jumlah kebutuhan petugas badal tersebut.

Berdasarkan sertifikat kematian atau certification of death/COD, seluruh jemaah meninggal karena sakit. Sebagian besar karena sakit jantung dan gangguan pernapasan. Jemaah meninggal rata-rata lansia yakni paling muda berusia 53 tahun dan tertua berusia 88 tahun.

Sementara dua jemaah meninggal, Selasa (23/7/2019) bernama Hamna Nawi Finan (69) warga Banten dari Kloter JKG 11 karena gangguan pernapasan, kemudian Suhari Abu Suhari (88) warga Sumbar dari Kloter PDG 14. Keduanya meninggal di RSAS Madinah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00