• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

KPAI: Anak-anak Jadi Incaran Sindikat Narkoba

23 July
12:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Kesehatan Siti Hikmawati mengatakan para sindikat narkoba mengincar anak-anak berprestasi untuk diberikan narkotika dan menjadi kecanduan.

"Jadi memang targetnya. Kenapa yang diambil adalah orang yang berprestasi baik itu prestasi akademis maupun prestasi lainnya karena biasanya mereka yang berprestasi ini menjadi influencer menjadi panutan bagi kelompok tertentu. Kalau misalnya dia bintang kelas di kelasnya maka biasanya kalau yang di sampaikan oleh dia itu akan lebih mudah diikuti sebagai sebuah resep keberhasilan. Jadi mereka anak yang berprestasi ini termasuk kelompok yang rawan untuk diincar," katanya kepada RRI, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya modus tersebut awalnya anak-anak tersebut akan dibuat ketergantungan. Misalnya seperti melalui kawannya mengajak belajar bersama dirumah.

"Modusnya pertama tentu secara tidak sengaja jadi dibuat ketergantungan. Ketika mereka diajak belajar bersama dirumah kawannya kemudian disuguhi air putih, air putih sudah ditambahkan serbuknya dan dia mulai merasakan 'kenapa setiap dirumah ini kok minumannya sangat aneh padahal itu air putih biasa'," ujarnya.

"Jadi baru kesempatan berikutnya disampaikan kawannya sebetulnya aku tambahkan sesuatu tetapi pada posisi anak sudah mulai addict," tambahnya.

Ternyata narkoba tersebut, lanjutnya, sudah menyasar ke anak-anak TK. Narkoba tersebut masuk melalui jajanan anak.

"Sekarang ini pasarnya semakin mendekat ke usia yang lebih dini, jadi ini yang perlu diwaspadai oleh orang tua. Masuk melalui sesuatu yang tidak disangka sama sekali mulai dari sahabat dekat teman keluarga atau lingkungan, bahkan termasuk kepada TK melalui jajanan pun sudah ada," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00