• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

BNN Sudah Pelajari Modus Pindah Wilayah-Rute Jaringan Narkotika

23 July
11:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Setelah membeberkan mengenai modus operandi para penyelundup narkotika jaringan Internasional coba mengelabui petugas dengan mengakali kemasan barang haram tersebut, Deputi Pemberantasan Narkotika Badan Narkotika Nasional, Arman Depari kembali mengutarakan modus lain dari sisi wilayah operasi maupun rute pendistribusian narkotika untuk masuk ke Indonesia.

Modus operandi tempat operasi para penyelundup diduga mengalami perubahan. Hal itu menurut Arman untuk menghindari pengawasan ketat petugas di sepanjang Pantai Timur Sumatera, mulai Aceh sampai Lampung dan Kepulauan Riau (Kepri), yang sebelumnya menjadi rute favorit penyelundupan narkotika jaringan Internasional.

"Oleh karena itu, modusnya berubah (pindah) ke wilayah Kalimantan, yang sekarang Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Timur (Kaltim)," kata Arman kepada wartawan di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019).

Arman lanjut menuturkan, melalui Kalimantan Barat sampai perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di sana sudah diantisipasi ketat petugas, bahkan hingga wilayah barat, tengah, sampai timur Manado dan Papua.

Sementara ini, modus pendistribusian yang sudah dipelajari petugas adalah, dari Malaysia (narkotika) dikirim menuju koordinat tertentu di tengah laut, kemudian dipindahkan dari kapal ke kapal, sama seperti yang kali ini diamankan BNN di Kalimantan.

Mendatang, sepertinya harus diantisipasi kembali modus lain, yang diduga bakal mengkolaborasikan cara-cara sindikat narkotika lokal (Indonesia) dengan Internasional. Tujuannya adalah untuk mengelabui petugs, agar barang bisa terdistribusi dengan baik ke Indonesia. Inilah yang harus dipelajari dan diwaspadai petugas ke depannya. (Rep & Foto: Jorike Fitri-RRI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00