• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemenjaraan Bagi Pecandu Narkoba Tak Dapat Turunkan Angka Penggunaan

23 July
10:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Koordinator Advokasi Rumah Cemara, Subhan Panjaitan mengatakan jika pecandu narkoba dipidanakan dan tidak direhabilitasi tak akan mempengaruhi penurunan angka jumlah penggunaan narkoba.

"Karena pemenjaraan bagi pecandu cukup tinggi dan ternyata terbukti itu tidak mengurangi jumlah bahkan jumlah penggunaan semakin meningkat," katanya kepada RRI, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya pidana penjara bukan berarti tidak menimbulkan efek jera bagi para pengguna narkoba.

"Saya tidak bisa bilang pidana penjara tidak menimbulkan efek jera, ya karena pasti ada. Cuman yang kami khawatirkan adalah kalau tujuannya untuk menurunkan angka penggunaan ternyata itu tidak terbukti efektif sampai dengan saat ini," imbuhnya.

Ia mengatakan rehabilitasi sendiri sebenarnya merupakan proses masa hukuman. Namun, yang membedakan proses rehabilitasi tempatnya bukan di lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Menurut UU narkotika, rehabilitasi bentuk terhitung sebagai penjalanan masa hukuman cuman tempatnya bukan di lembaga pemasyarakatan. Nah, ini yang mungkin perlu paham bahwa rehabilitasi itu sendiri dihitung sebagai masa hukuman sebagai masa pidana, walaupun tempatnya berbeda," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00