• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

BNN: Demi Kelabui Petugas, Jaringan Sabu Luar Negeri Akali Kemasan

23 July
11:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Deputi Pemberantasan Narkotika Arman Depari menduga, sabu seberat 38 kilogram yang berhasil diamankan petugas di Kalimantan, adalah barang dari jaringan luar negeri yang sama dengan lainnya, karena memiliki modus pengemasan barang bukti yang sama dengan banyak penangkapan sebelum ini. Sabu dikemas dalam bungkus teh beraksara Tionghoa, itu ciri khas yang sementara ini dikenali BNN.

"Barang bukti sabu dikemas dalam bungkus teh beraksara Tionghoa," ujar Arman kepada wartawan di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019).

Akan tetapi, menurut Arman, belakangan juga BNN kerap menemukan penyelundupan narkotika yang tidak punya kemasan sama sekali, artinya hanya dibungkus dengan plastik bening saja.

Ini, kata dia, merupakan modus untuk mengelabui petugas mengenai asal muasal barang tersebut, hingga nantinya tersamarkan jaringannya. Padahal, kata dia, setelah barang bukti diperiksa laboratorium, ternyata ada kesamaan barang dengan sebelumnya. 

"Ini adalah trik (penyelundupan) yang dilakukan pabrik yang sama. Dan upaya BNN, akan periksa lebih dalam di laboratorium, jika sama, dipastikan berasal dari sindikat yang sama. Dan narkotika dipastikan berasal dari luar negeri," tandasnya.

Untuk sabu seberat 38 kilogram yang baru saja terungkap, BNN juga akan menjalankan hal yang sama dalam penyelidikan mengenai asal muasal barang haram tersebut. (Rep & Foto: Jorike Fitri-RRI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00