• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Mimika Siapkan Sarpras Menuju PON XX

23 July
06:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Mimika : Kabupaten Mimika merupakan salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Papua memiliki luas wilayah 19.592 km2, memiliki 18 distrik dan 133 desa ditambah 11 kelurahan dengan ibu kota di Timika.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika Marten Paiding mengemukakan, pada wilayah pemerintahan Kabupaten Mimika, Pemkab Mimika melakukan pengembangan lebih difokuskan pada dua bidang yang dinilai sangat menjanjikan yaitu pertambangan dan perikanan kelautan. 

"Potensi pada sektor kelautan yaitu melakukan pengembangan sarana prasarana guna menunjang potensi perikanan yang dapat memberikan manfaat ekonomi khususnya nelayan dan masyarakat umumnya di daerah lain. Potensi kelautan yang dimiliki dan cukup menjanjikan yaitu ikan dan udang sehingga dengan berbagai program pemerintah pusat, berupaya membantu kami dengan pembangunan sarana perikanan yang ada di pelabuhan Poumako. Diantaranya cold storage berkapasitas 300 ton  yang akan menampung hasil perikanan dari nelayan," Ujar Sekda Paiding Kepada RRI di Timika.

"Sementara pembangunan infrastruktur khususnya udara, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Mimika sebagai salah satu daerah konektivitas yang merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk peningkatan pelayanan penerbangan udara. Pemkab Mimika sedang membangun atau mengembangkan bandar udara Mozes Kilangin yaitu terminal dan fasilitas lainnya. Nantinya Bandara ini dapat melayani rute dari dan ke Mimika dan ke daerah pedalaman dengan jumlah 13 rute," ungkapnya.

Sementara ketika disinggung kesiapan Mimika dalam menghadapi berbagai ivent besar berskala nasional ungkap Sekda Mimika Marthen Paiding pihaknya saat ini dalam proses pembangunan berbagai infrastruktur. Mimika di tahun 2020 nanti akan menggelar dua hajatan nasional yaitu Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) pada agustus dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 pada oktober dan november.

"Guna menyukseskan dua kegiatan nasional tersebut sebagai tuan rumah tentunya sangat diharapkan dapat sukses menjadi tuan rumah penyelenggara, dan sukses prestasi. Untuk itu sarana infrastruktur yang sedang dikerjakan dan terus kami kebut hingga tahun depan yaitu media centre, venue cabor futsal, sepakbola, tennis meja, judo, dan panjat tebing. Sedangkan sarana penunjang yang dikerjakan yaitu mes atlet dan offisial, serta perhotelan, 
Sementara sarana yang telah siap digunakan yaitu rumah sakit umum, rumah sakit swasta dan mitra serta klinik. Bahkan ambulance juga disiapkan beserta dengan tenaga dokter dan perawat. Selain itu untuk kesiapan kelistrikan sedang dikerjakan, dan jaringan telekomunikasi serta internet tidak menjadi masalah lagi saat ini. Jalan raya sebagai penghubung antara tempat kegiatan dengan mes atlet juga sedang dikerjakan pada tahun ini," tandasnya.

Pada kesempatan itu Sekda Mimika Marten Paiding mengharapkan Mimika secara khusus dapat meraih sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi dan dapat mengharumkan Mimika di tingkat nasional dan juga nama Papua pada PON XX tahun 2020 mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00