• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Jajaran Polres Buleleng Ungkap Kasus Curanmor Jaringan Lintas Kabupaten

23 July
04:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Satuan Reskrim Polres Buleleng berhasil melakukan pengungkapan dan penanganan kasus pencurian sepeda motor yang terjadi 7 September 2017 lalu. Berdasarkan hasil laporan korban Putu Segara asal Desa Mayong Kecamatan Seririt yang dirinya kehilangan 1 unit sepeda motor Supra  DK 8125 QE, satuan Reskrim Polres Buleleng yang dipimpin Kasat Rekrim, AKP  Vicky Tri Haryanto, S.H,S.Ik,M.H  lewat tim opsnal  unit 1 pidum satuan Reskrim Polres Buleleng  langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan atas laporan tersebut.

Kapolsek Busungbiu, AKP Made Agus Dwi Wirawan saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media, Senin (22/7/2019) mengatakan, dari hasil yang dilakukan itu, telah mengamankan dua orang diduga pelaku atas nama KD (37) alamat Banjar Dinas Kembangrijasa Desa Sepang Kecamatan Busungbiu dan SKD (24) alamat Banjar Dinas Sepang Desa Sepang Kecamatan Busungbiu dan mengakui dirinya telah mengambil barang tersebut tanpa seijin pemilik.

“Bermula dari adanya pencurian rokok di sebuah warung di Gang Markisa Kecamatan Busung Biu, mendapat informasi tersebut kita melaksanakan penyelidikan sehingga pada tanggal kurang lebih tanggal 17 Juli kita mendapat informasi bahwasannya ada yang ciri-cirinya sesuai dengan pelaku yang masuk di Gang Markisa, kita ajak ke kantor awalnya mereka tidak mengakui kemudian kita bawa ke kantor kita introgasi jadi hasil interogasi dengan tersangka kemudian mengembang kearah Curahmon di Desa Seririt, di Kelurahan Seririt ada 3, Jembarana ada 3, kemudian Pupuan 1 dan Polresta 1,” ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Buleleng, AKP Vicky Tri Haryanto, S.H, S.Ik, M.H menjelaskan, karena kasus pencurian sepeda motor ini termasuk kejahatan lintas kabupaten maka kasus dialihkan ke Polres Buleleng untuk memudahkan koordinasi.

“Terdapat beberapa TKP, TKPnya ada di Jembrana tempat dua TKP ada di Polresta. Itu yang Kasusnya masih kita kembangkan lagi untuk TKP selanjutnya, jadi dari hasil interogasi untuk sementara tersangka kita lakukan penahanan dengan dasar LPD 0624 2017 dari Polsek Seririt. Jadi setelah kita melakukan koordinasi baik buruk bersama Kalposek mengingat ini terdapat kejahatan lintas wilayah Kabupaten, Kebijakan dari Pak Kapolsek itu sendiri maka dari itu untuk LP kita alihkan ke Polres,” jelasnya.

Sementara itu Kapolsek Seririt, Kompol Made Uder, M.Ag yang baru bertugas di Polres hitungan hari mengatakan, koordinasi antar Polsek harus terus dilakukan guna bisa membongkar kasus kasus yang terjadi di wilayahnya.

“Terkait dengan penanganan ini, ini luar biasa bagi saya, kebetulan saya dengan Beliau Pak Kasat datang sama-sama untuk bertugas di Polres Buleleng dan kebetulan mendapat tugas seperti ini dan dapat menjawab tantangan-tantangan ini tidak terlepas kerjasama kita diantara Polsek-Polsek yang ada dan kedepan demikian apa yang disampaikan oleh Bapak Katarisdim kita tidak akan terlepas saling koordinasi diantara Kapolsek-Kapolsek yang ada, apa yang menjadi satu kejadian di Kapolsek yang lain mendapat suatu jawaban dan kita bisa membongkar semua hal yang ada di Polres Buleleng ini, jadi dengan kejadian yang ada di Seririt 3 kasus 2017 itu adalah utang saya dan sampai sekarang astungkara di saat saya sekarang mimpin diberi jawaban atas semua itu dan 3 kasus sudah clear dan kami sepakat dengan Bapak Katarisin sejumlah Kapolres untuk fokus penanganan di sini karena ini merupakan kasus lintas sektoral,” jelasnya.

Kasus pencurian yang dilakukan kedua tersangka KD dan SKD tidak hanya dilakukan di satu lokasi, perbuatan yang sama juga pernah dilakukannya di Desa Ringdikit selanjutnya sepeda tersebut dimodifikasi. Kasus pencurian sepeda motor kata Kasat Reskrim Polres Buleleng, AKP Vicky Tri Haryanto akan terus dikembangalan dan tidak menutup kemungkinan pelaku melakukan di kabupaten lainnya di Bali. Pelaku KD dan SKD diduga melangar pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan Pidana Penjara paling lama 7 tahun. 

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00