• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Lanjutkan Gugatan PHPU, KPU Bangka Tunda Penetapan Caleg Terpilih DPRD

23 July
01:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sungailiat : Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa lokus Bangka Belitung tidak termasuk dalam putusan dismissal, dengan demikian MK akan melanjutkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif. Dismissal atau putusan sela dimaksudkan untuk menggugurkan perkara PHPU legislatif 2019.

Hal itu, menjadi alasan utama KPU Bangka menunda rapat pleno penetapan perolehan kursi Parpol atau calon anggota terpilih DPRD Kabupaten Bangka hasil Pemilu 2019. Rapat pleno dijadwalkan Senin (22/7/2019) malam di Tanjung Pesona Sungailiat yang sebelumnya sudah dipersiapkan, namun nyata ditunda.

"Kami mohon maaf harus menunda, karena sore tadi kami baru menerima WA dari KPU RI bahwa adanya keputusan dari MK dimana Bangka Belitung termasuk perkara gugatan PHPU-nya akan dilanjutkan," kata Ketua KPU Bangka M.Hasan dihadapan para tamu undangan di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Senin (22/7/2019) malam.

Meski begitu, menurut Hasan hal itu tidak akan berpengaruh pada perolehan kursi parpol di DPRD Bangka, yang sudah dihitung secara akumulatif dari perhitungan hasil Pemilu legislatif secara berjenjang. Apalagi yang akan dilanjutkan MK menyangkut proses gugatan PHPU untuk kursi DPR.

Senada itu, Komisioner KPU Bangka dari Divisi Teknis, Iman Supiar secara kronologis menguraikan, Rapat pleno itu sudah dipersiapkan sekitar lima hari lalu setelah menerima surat edaran 17 Juli 2019.

"Kenapa kami jadwalkan rapat pleno malam ini, karena kami KPU Kabupaten/ Kota menerima SE nomor 1027 pada 17 Juli lalu yang satu point diantaranya bahwa pasca lima hari menerima SE itu KPU Kabupaten/Kota harus rapat pleno penetapan perolehan kursi DPRD," jelas Iman.

Menurut Iman, meski tidak berpengaruh pada perolehan kursi di DPRD Bangka, KPU tetap menghormati keputusan MK, dan memutuskan akan melanjutkan atau menjadwalkan kembali rapat pleno penetapan kursi DPRD Bangka itu, hingga menerima petunjuk teknis yang bisa dijadikan sebagai legalitas formal.

"Kami yakin, kelanjutan sidang MK yang lokusnya Babel itu tidak akan berpengaruh untuk perolehan kursi di DPRD Bangka. Kita hanya menunggu legalitas formalnya saja nanti," kata Iman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00