• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Resmi Sepakati Penetapan Batas Darat, Kemenlu RI-Timor Leste Gelar Pertandingan Persahabatan Basket

23 July
00:21 2019
1 Votes (4)

KBRN, Jakarta : Banyak cara dilakukan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara. Mulai dari menyelenggarakan kerjasama dibidang perdagangan dan ekonomi, pertukaran budaya maupun menggelar pertandingan persahabatan dibidang olahraga.

Seperti yang dilakukan oleh tim olahraga Kementerian Luar Negeri RI, yang menggelar pertandingan persahabatan basket dengan tim Kementerian Luar Negeri Timor Leste.

Pertandingan tersebut diselenggarakan bukan tanpa latarbelakang.

Sebab, ternyata hal itu dilakukan sebagai suatu bentuk selebrasi atas disepakatinya penentuan batas wilayah darat kedua negara (Noel Besi-Citrana dan di Bidjael Sunan-Oben) yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan.

Penandatangan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto dengan Ketua Perundingan Timor Leste, Xanana Gusmao dan disaksikan langsung oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Senin (22/7/2019), di Jakarta.

Bahkan, dalam pertandingan basket bagi regu putra dan putri itupun terlihat ketua Perundingan yang juga merupakan Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste, Xanana Gusmao, ikut bergabung dengan tim putra.

Dengan mengenakan pakaian basket bewarna merah, Xanana Gusmao yang saat ini berusia 73 tahun itupun terlihat lincah dan berhasil menyumbangkan poin bagi timnya.

Xanana mengatakan pertandingan basket tersebut merupakan langkah efektif untuk mempererat hubungan antar masyarakat (people to people relations).

“Bagus sekali karena ini suatu salah satu contoh bahwa hubungan kedua negara people to people relations itu bagus sekali. Ini bukan masalah menang atau kalah. Tapi, saling menerima itu bagus sekali,” ujar Xanana Gusmao ketika ditemui usai pertandingan, Senin sore (22/7/2019), di Jakarta.

Sehingga, menurut Xanana pihaknya berharap kegiatan serupa akan terus berlanjut diberbagai bidang.

“Kita harap bahwa dimasa depan akan terus ada. Apa saja bisa sepakbola, budaya juga, oleh karena itu suatu kegiatan untuk merayakan juga keputusan kedua negara untuk menyelesaikan batas negara bagus sekali itu,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya, mengatakan bagi Indonesia pertandingan basket kedua tim Kementerian Luar Negeri tersebut, merupakan simbol dari persahabatan rakyat kedua negara.

“Saya pikir kita tidak melihat menang atau kalah ya, Pak. Tapi, persahabatan mengenai people to people antara kedua bangsa kedua rakyat,” ungkap Desra.

Desra yang juga turut unjuk kebolehan menghalau Xanana Gusmao di lapangan basket itupun menyatakan, peningkatan hubungan rakyat kedua negara akan terus dilakukan.

“Kita tidak menghitung menang atau kalah tapi semua happy. Seperti yang disampaikan pak Xanana kita akan terus ditingkatkan dengan berbagai kegiatan yang mempereratkan hubungan kedua bangsa dan kedua negara,” terang Desra.

Sementara, dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung Senin sore tersebut, tim basket putra kementerian luar negeri RI berhasil menang dengan perolehan 20 poin mengalahkan tim Timor Leste yang memperoleh 16 poin.

Sedangkan, tim basket putri Kementerian Luar Negeri RI memperoleh 4 poin harus menerima kekalahan dari tim putri Timor Leste yang berhasil memperoleh 12 poin.

Mengakhiri pertandingan persahabatan yang juga turut disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M. Fachir itu, kedua tim basket berfoto bersama.

Serta yang tidak kalah menarik adalah banyak diantara pendukung Kementerian Luar Negeri RI melakukan swafoto bersama Xanana Gusmao. (foto:Kemenlu RI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00