• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Cuaca Panas di Arab Saudi Capai 45 Derajat Celcius

22 July
16:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) embarkasi Aceh menyatakan, seluruh jemaah calon haji Aceh yang sudah tiba di Arab Saudi saat ini dalam kondisi sehat. Hanya saja mereka mengalami pilek dan batuk karena perubahan cuaca di Arab Saudi saat ini yang cukup panas.

Humas PPIH Embarkasi Aceh Muhammad Nasril kepada RRI di Banda Aceh, Senin (22/7/2019) mengatakan, banyak jemaah haji yang telah tiba di Arab Saudi mengalami dehidrasi.

“Kita mendapatkan informasi dari kawan-kawan petugas kloter di Mekkah, saat ini suhu udara di Arab Saudi cukup panas mencapai 45 derjat celcius ke atas, makanya banyak jamaah sampai dehidrasi karena kurang minum dan lelah. Namun jemaah calon haji Aceh yang sudah tiba di Arab Saudi menurut keterangan dokter pendamping hanya mengalami pilek dan batuk,” kata Nasril.

Diimbau kepada jemaah calon haji baik yang sudah tiba di Arab Saudi maupun yang akan berangkat untuk mempersiapkan diri menjaga kesehatan termasuk membawa alat pelindung diri untuk mencegah terpapar panasnya cuaca di Arab Saudi.

“Kita mengimbau kepada JCH Aceh agar membawa alat pelindung diri berupa masker yang dibasahi, karena ada juga menurut informasi di sana ada yang keluar mimisan, namun setelah mendapat penanganan dokter dan sosialisasi sehingga dapat tertangani dengan baik dan seluruh jemaah haji Aceh dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Jemaah calon haji Aceh, sambung Nasril, yang sudah tiba di Arab Saudi berjumlah 393 orang bersama petugas kloter. Mereka saat ini menempati pemondokan di wilayah Madinah, Maktab 18, wilayah Syisyah 2.

Direncanakan pada Selasa (23/7/2019), jemaah haji kloter dua akan masuk ke asrama haji embarkasi Aceh dan pada Rabu (24/7/2019) pukul 23.00 WIB mereka akan bertolak ke Arab Saudi dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00