• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Kejari Nunukan Terima 194 SPDP Perkara, Kasus Narkoba Paling Banyak

22 July
16:00 2019
1 Votes (5)

KBRN Nunukan: Angka pidana umum di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara terbilang cukup tinggi, ditandai dengan banyaknya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan - SPDP yang dilimpahkan oleh pihak Kepolisian Resort (Polres) Nunukan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Nunukan.

Kepala Kejari Nunukan Fitri Zulfahmi kepada RRI usai menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 tahun di Halaman kantor Kejari Nunukan pada senin (22/07/19) mengatakan, pihaknya telah menerima SPDP dari Polres Nunukan sebanyak 194 kasus perkara sepanjang tahun 2019 sejak awal januari hingga bulan juli 2019.

"Itu kita menerima sebanyak 194 SPDP dari kepolisian, yang menjadi tahap berkas itu sebanyak 190, kemudian penyerahan tersangka atau barang bukti sebanyak 174 perkara," ujar Fitri Zulfahmi.

Seluruh tersangka dan barang bukti tahap 2 atau berkas P21 yang telah diserahkan oleh pihak kepolisian sebanyak 174 perkara tersebut telah dilimpahkan oleh Kejari Nunukan kepada Pengadilan Negeri Nunukan untuk dilakukan putusan dan eksekusi tindak pidana umum. 

"Sebanyak 112 perkara kini sudah diputus, 111 diantaranya telah dilakukan eksekusi dan satu orang melakukan banding" bebernya.

Pelanggaran hukum pidana umum didominasi oleh maraknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang, mengingat Kabupaten Nunukan merupakan garda  terdepan perbatasan RI di wilayah utara dengan negara tetangga Malaysia. 

"pada awalnya Nunukan mungkin sebagai tempat transit barang - barang haram tersebut, namun sekarang seiring mungkin banyaknya penangkapan, jadi Nunukan ini bukan hanya tempat transit tetapi juga daerah pemasaran, oleh karena itu kami bersinergi dengan polres, lanal, beacukai, dan satgas pamtas sinergi melakukan pemberantasan peredaran gelap narkotika" terangnya.

Rangkaian peringatan hari bhakti adhyaksa ke 59 tahun di Kabupaten Nunukan, selain menggelar upacara di halaman kantor Kejari Nunukan, Kepala Kejari beserta seluruh jajarannya juga menggelar ziarah ke kantor taman makam pahlawan jaya sakti Nunukan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00